Gosip Parenting

Seputar Gosip Orangtua Baru dan Parentalk

Ibu mertua?

Saya pribadi jarang rasanya ketemu teman di sekitar yang bilang sayang sama ibu mertuanya. Dari sepuluh teman yang saya punya, cuma tiga yang mendeklarasikan beruntung dengan ibu mertua yang mereka punya. Dua dari tiga itu memang ibu mertuanya masih ada dan sering ikut menjaga anak-anak mereka, satunya sudah meninggal ibu mertuanya. Tujuh sisanya mendeklarasikan kebencian …

Ibu mertua? Selengkapnya »

Pipis di Po…

Anak saya mulai mendeklarasikan keinginannya untuk berhenti pakai popok. Pagi ini setelah sarapan dan mandi, kami pun seperti biasa berbincang layaknya emak-emak sama anak balitanya yang hampir genap 2tahun. “Ma, aa ngga diaper,” katanya sambil geleng-geleng menolak dipakaikan diaper. “Yah?” Disentuh wajah saya kemudian dicium sebagai rayuan pulau kelapa. “Oke gapapa kalau gamau pake diaper,” …

Pipis di Po… Selengkapnya »

Moral Berbagi

“Kalau kamu gamau berbagi, ya gapapa bilang aja,” seorang ibu bicara pada anaknya. Ketika itu, saya sedang duduk manis sambil membaca buku di taman. Dua anak sedang bermain bersama. Mungkin kedua anak itu berkisar sekitar 3 tahun. Atau pasnya sih gak mungkin lebih dari 4 tahun deh, gak usah dinego lagi yah 😛 “Excuse me!” …

Moral Berbagi Selengkapnya »

Kenapa Bendera Afrika Banyak Kemiripan?

Melanjutkan pencarian kemiripan antara bendera-bendera yang ada di buku atlas si aa. Mata saya pun tercaplok oleh bendera negara-negara Afrika. Banyak kemiripan ternyata. Kenapa? Hampir 80% menggunakan warna hijau. Lebih jauh, sekitar 40% negara-negara di afrika pakai kombinasi Merah dan Hijau di bendera mereka. Sekitar 30% sisanya pakai Merah, Hijau dan Kuning (atau mereka bilang …

Kenapa Bendera Afrika Banyak Kemiripan? Selengkapnya »

Tips Kuliah di Eropa Gratis Tanpa Beasiswa

Tips Kuliah di Eropa Gratis Tanpa Beasiswa – Kebanyakan anak Indonesia masih sering ngira kalau mereka yang bisa mencicipi kuliah ke luar negeri teh cuma golongan yang beruntung. Baik beruntung karena otak cemerlang dengan mudah menggandeng beasiswa bergengsi kelas nasional hingga internasional. Golongan juara kelas. Atau beruntung karena orangtua berduit sekaligus kasih kebebasan pergi dan …

Tips Kuliah di Eropa Gratis Tanpa Beasiswa Selengkapnya »

Membohongi Anak

Boleh ga sih bohong sama anak? “Adek jangan jalan kesitu, hayu loh dimakan gendurowo entar,” kaya apa juga bentuk gendurowo si mama ga paham. Dosa bohong dicatet malaikat. Anak? Tetep lari ke jalan. Gigit jari “Adek kalau nasinya ngga dimakan entar mama ngga ajak ke Alfa yah,” padahal ngga ada rencana juga ke Alfa, rencananya …

Membohongi Anak Selengkapnya »

Membiarkan Bayi Tidur Sendiri?

Orangtua tega? Terlalu ambisius? Atau keisengan? Bukan! Ini teh salah satu cara kita sebagai orangtua menjaga hubungan! hoh Neng Tiyasaa udah gila? Segala mau menjaga hubungan! Hello, udah ada anak keles ga ada lagi urusan menjaga hubungan! Itu teh kebanyakan yang saya denger waktu ditanya si aa tidur dimana sama siapa! Bingung juga yang nanya …

Membiarkan Bayi Tidur Sendiri? Selengkapnya »

Bahasa Bayi: Serba Kebalik

Baru sekitar empat bulan terakhir si aa mulai banyak ngomong. Yang paling susah dipahamin teh bukan kata-kata yang belum sanggup di ucapin bener sama dia, tapi yang di bolak-balik sesuai ejaan yang sangat amburadul. Saya teh kan mama, terus sekolah dia teh kan, temen-temennya banyak yang panggil ibunya mami, dan kemudian dia pulang-pulang manggil saya …

Bahasa Bayi: Serba Kebalik Selengkapnya »

Makanan Kesukaan Bayi?

Yang bukan orang sunda pasti udah bingung sendiri sama judulnya! Apa atuh neng bonteng teh artinya? Yang pintu-pintu gerbang di kerajaan-kerajaan? Atau di istana-istana? Bukan ih itu mah benteng! Atuh apah? Bonteng teh artinya mentimun atau ketimun lah kata KBBNG (kamus besar bahasa neng geulis). Apapun itu buat saya mah bonteng,!!!! Saya sebenernya mah ga …

Makanan Kesukaan Bayi? Selengkapnya »