Koleksi Buku Terbaik

Review Fiksi dan Non-Fiksi Terbaik

Kisah Persembunyian Anak Yahudi Dari Kejaran Nazi

Sebuah buku harian, ditulis oleh Anne Frank Sebenarnya kalau boleh jujur saya tumbuh dengan ide-ide yang kurang dibangun. Saya bahkan tidak paham sebelumnya kalau Yahudi adalah sebuah agama, sebuah keyakinan, yang memiliki dasar-dasar yang sama dengan agama islam. Sampai akhirnya saya melancong ke Eropa dan mulai banyak mendengar soal kekejaman Nazi pada tahun 1930-an, ketikan …

Kisah Persembunyian Anak Yahudi Dari Kejaran Nazi Selengkapnya »

Fenomena Percaya Mimpi

Jaman saya masih SMP, banyak banget buku tafsir mimpi yang dijual di amang-amang tukang koran. Katanya biar menang togel kita harus jadiin mimpi sebagai panutan nentuin nomer yang tepat. Fenomena mimpi ya memang banyak perkaranya, yang cerdas membawa ke jalur baik, yang suka jalan pintas membawa ke jalan tol. Menjadikan mimpi sebagai takdir hidupnya buat …

Fenomena Percaya Mimpi Selengkapnya »

Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer

Oleh Pramoedya A Toer Termasuk dalam literasi klasik yang isinya juga masih menggunakan ejaan bahasa lama. Menjadikan saksi-saksi hidup sebagai tali penyambung kisah sedih wanita-wanita Indonesia yang hidup pada masa-masa rumit, ketika feminisme adalah jargon yang sulit dijelaskan karena terasa setinggi langit. Pramoedya menggunakan kata-kata polos dalam mendeskripsikan situasi maupun cara beliau merangkum informasi yang …

Perawan Remaja Dalam Cengkeraman Militer Selengkapnya »

Takdirkah Yang Bikin Elon Musk Jadi Salah Satu Orang Terkaya Sekaligus Kehilangan Anak Pertamanya Akibat Kematian Mendadak?

Masih kerasa anget-anget yah waktu denger Pak Jokowi membandingkan pola berpikir Elon Musk yang sudah sampai mindahin orang ke planet lain sedangkan kita di Indonesia masih dihadapkan dengan urusan cantrang yang belum selesai. Apalagi belum lama juga kabarnya mau tarik stok Tesla dari publik dan menjadikannya total privat. Karena salah satu tabungan kita lewat stock …

Takdirkah Yang Bikin Elon Musk Jadi Salah Satu Orang Terkaya Sekaligus Kehilangan Anak Pertamanya Akibat Kematian Mendadak? Selengkapnya »

Akibat Perceraian

Ketika anak tumbuh jadi seorang yang rusak, sering kali embel-embel yang tumbuh di masyarakat tidak jauh dari “Pantes aja korban perceraian itu anak, jadi gak tau arah hidup yang bener kan tuh”. Dan ketika anak rusak padahal dikarunia orangtua yang utuh dan penyayang, yang akan berkembang di tengah gosip tidak jauh dari “itu sih orangtua …

Akibat Perceraian Selengkapnya »

Rahasia (Orang) Kulit Putih?

Waktu kecil saya sering miris hati karena puya kulit gelap dan sempet usaha keras pake krim pemutih biar disebut ‘putihan’. Karena makna kata putihan artinya cakepan, karena cakepan berarti bakal lebih sering diajak ngobrol sama orang-orang karena itu artinya kece kalau di Karawang teh. Putih, cakep, kece berakhir dengan popularitas, banyak temen dan banyak yang …

Rahasia (Orang) Kulit Putih? Selengkapnya »

Ternyata Pahlawan Kita Pernah Jatuh Cinta Sama Pacar Sahabatnya

Anak Minangkabau, laki-laki kurus, pesakitan yang lebih pilih dibuang oleh adat demi hidup di negeri Kompeni yang menjanjikannya seberkas kertas pengakuan untuk kelak menjadi pengajar dan pemerkasa kekuatan di tanah air di kemudian hari. Ditengah jalan ternyata sempat jatuh cinta sama Fenny van de Snijder, seorang gadis kulit putih yang tidak lain adalah kekasih dari …

Ternyata Pahlawan Kita Pernah Jatuh Cinta Sama Pacar Sahabatnya Selengkapnya »