parentalk

Membohongi Anak

Boleh ga sih bohong sama anak? “Adek jangan jalan kesitu, hayu loh dimakan gendurowo entar,” kaya apa juga bentuk gendurowo si mama ga paham. Dosa bohong dicatet malaikat. Anak? Tetep lari ke jalan. Gigit jari “Adek kalau nasinya ngga dimakan entar mama ngga ajak ke Alfa yah,” padahal ngga ada rencana juga ke Alfa, rencananya …

Membohongi Anak Selengkapnya »

Membiarkan Bayi Tidur Sendiri?

Orangtua tega? Terlalu ambisius? Atau keisengan? Bukan! Ini teh salah satu cara kita sebagai orangtua menjaga hubungan! hoh Neng Tiyasaa udah gila? Segala mau menjaga hubungan! Hello, udah ada anak keles ga ada lagi urusan menjaga hubungan! Itu teh kebanyakan yang saya denger waktu ditanya si aa tidur dimana sama siapa! Bingung juga yang nanya …

Membiarkan Bayi Tidur Sendiri? Selengkapnya »

Bahasa Bayi: Serba Kebalik

Baru sekitar empat bulan terakhir si aa mulai banyak ngomong. Yang paling susah dipahamin teh bukan kata-kata yang belum sanggup di ucapin bener sama dia, tapi yang di bolak-balik sesuai ejaan yang sangat amburadul. Saya teh kan mama, terus sekolah dia teh kan, temen-temennya banyak yang panggil ibunya mami, dan kemudian dia pulang-pulang manggil saya …

Bahasa Bayi: Serba Kebalik Selengkapnya »

Anti Mainan Anti Gejet

Kenapa atuh? Bukan karena punya prinsip amatan, emang sayanya teh pelit.. iya atuh da gimana lagi? Jadi ide nulis ini teh pas tadi pagi ngobrol sama temen jaman smp/sma. Terus ngebahas tah soal si mainan buat anak-anak dan bisa amatan bikin anak kecil suka buku dan bukannya mainan atau gejet? Saya sendiri ga liat bagus …

Anti Mainan Anti Gejet Selengkapnya »

Arti Me Time Untuk Ibu Baru?

Belum pernah saya ngehargain me time segininya. Pagi-pagi, nyeuruput secangkir kopi sambil mikir ide tulisan yang lagi di garap. Si aa dianter ke sekolah jam setengah 9 pagi, ada waktu 3 jam sebelum akhirnya jemput jam 12. Sejak si aa sekolah (day care meureunnya, sekolah buat anak setaun kedengerannya ambisius amatan) juga saya 1000x lebih …

Arti Me Time Untuk Ibu Baru? Selengkapnya »

Ada Yang Salah Dengan Orangtua?

Dulu saya sempet gampangan buat menghakimi orangtua-orangtua diluar sana, mau sodara, temen, orang yang saya kenal atau yang random gak sengaja saya temuin di jalanan. Kadang saya kritik orangtua yang lagi ngomelin anaknya di jalan di depan banyak orang, melas hati asaan teh. Di lain kesempatan saya juga sok gondok liat anak-anak atuh kenapa kelakuannya …

Ada Yang Salah Dengan Orangtua? Selengkapnya »

Melatih Anak Bicara Multi-Bahasa?

Ceritanya saya lagi ngenalin nama-nama anggota tubuh pake bahasa indonesia ke si aa. Enya bahasa Indonesia, gak niat awalnya mah bakal berakhir di Indoduda (Indonesia dan sunda). Setelah dia mulai apal yang gampang-gampang kaya mata, hidung, kepala, tangan, kaki.. nah mulai atuh pengen ngenalin yang rada-rada susah.. Jari tangan, jari kaki.. misi berhasil Rambut.. paham …

Melatih Anak Bicara Multi-Bahasa? Selengkapnya »