Afrika

Sungkem ke Istana Istri Kesayangan Raja Marrakech

Atuh neng saya mah geuning ga nemu nama istana ini di Marrakech? Ya atuh karena ini mah nama versi saya ih, nama asli dari istana ini teh Bahia Palais. Kenapa atuh dinamain Istana Istri Kesayangan?

Jadi katanya mah istana ini teh dibangun sekitar abad ke 19 sama sama Sultan Si Moussa yang dipersembahin buat salah satu dari empat istri kesayangannya yang juga bernama Bahia. Ajib yah suami kaya gini nih, gak tanggung-tanggung bikinin istana di tengah kota.

Sama kaya Istana El-Badi, bayar masuknya juga 70 Dirham, oke paham yahh ga ada yang gratis di negeri sini mah pokonya.

Beda sama Istana El-Badi yang udzur dan banyak yang ancur, istana Bahia ini mah lumayan masih berdiri kokoh dengan kecantikan-kecantikan motif terutama di langit-langit setiap bangunannya (walpaper meureun yah jaman sekarang mah?).

Beda sama El-Badi (lagi) yang kepampang gitu seluruh isinya dari sejak masuk, Bahia punya taman yang bisa diakses cuma dari salah satu kamar kecil doank, menarik yah? Iya donk, kayanya mah pintu rahasia kali yah. Pengunjung Bahia ini juga lumayan penuh setiap harinya katanya teh, pas saya datang juga lumayan sih penuh bingit teteh.

Satu lagi yang beda itu karena walau sama-sama punya kebun jeruk di dalamnya, Bahia nanamnya di level yang sama sedangkan El-Badi dibuat menjorok ke kedalaman sekitar 4-5 meter ke bawah.

Suami saya mah katanya lebih suka sama istana ini karena kecantikan motif-motifnya, kalau saya lebih suka istana El-Badi karena selain lebih kalem dan lebih sedikit pengunjung, juga lebih unik karena adanya si bangau dimana-mana. Kalau harus pilih satu, saya mah pilih El-Badi sih.

Jalan menuju istana Bahia juga dipahamin dengan baik sama si google, jadi cek aja mamang google buat menuju kesana. Pas udah deket bakal ada tanda arah menuju ke istana Bahia juga kok di jalan.

Foto-foto selanjutnya cek neneng punya instagram boleh atuh yaa.. hatur nuhun sebelumya

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini