USA

Ini Alasan Lain Kenapa Terbang ke Las Vegas Gak Bakal Bikin Nyesel

Kalau Grand Canyon ibarat Angelina Jolie versi Nevada, semua tau semua pengen kesana semua. Kalau yang saya mau kasih kisi-kisinya sekarang ketenarannya bahkan gak nyampe sekelas Raisa, tapi talentanya mah persis: bikin mata takjub, hati dagdigdug mulut ngacai sambil baca-baca istigfar saking indahnya. Apa atuh neng itu teh?

Namanya State Park: Valley Of Fire, dan pertama kali nyampe dikawasan Park nya sebenernya saya ngerasa ‘oh begini doank’. Karena kalau baru masuk ke kawasan parknya doank tuh jadi semacam gurun tandus aja keliatannya, tapi setelah bener-bener ke area utama Valley of Fire-nya (start mulai dari tempat kita bayar), saya gak bisa berenti senyum-senyum dan degdegan ngebayangin bakal ada apa lagi nih selanjutnya indahnya. Ini tuh jadi berasa kaya tempat anak kecil bertualang ala novel Ghost Bumps, bener-bener kece dalam artian alam lain yang biasa kita liat di Indonesia.

Apa sih emang istimewanya? Valley of Fire ini teh adalah kawasan bukit-bukit berbatu merah besar yang juga dipenuhi dengan ngarai yang cukup dalam yang membentang di seluruh kawasan taman. Hayoh paham ga? Saya aja bingung. Jadi gini, kawasan ini tuh semacam kawasan perbukitan di kawasan gurun Nevada. Jadi ada bukit, batu, warna merah, ada sungai, ada kaktus, gimana?

Yang paling indah dari tempat ini menurut saya teh adalah Fire Wave Trail. Dinamain Trek Ombak Api karena ketika ketika sampai di bukit Fire Wave yang dimaksud, kita bakal ngeliat kontrak warna merah dan oranye yang berputar mengelilingi struktur bukit yang melingkar-lingkar, semacam pergerakan ombak dalam bukit yang ketika disorot sama cahaya kontras matahari terbenam bakal kerasa kaya perpaduan warna yang membakar seluruh bukit. Disamping dari perbukitan batu bukit melingkar ini juga ada semacam batu yang membentuk benteng, bikin pemandangan dari Fire Wave Trail ini semakin kerasa dramatis. Pemandangannya bikin mikir seketika kehebatan Tuhan nyiptain pemandangan seindah ini.

Trek ini teh trek yang paling terkenal dan paling dipenuhin sama orang-orang ketika jam-jam menuju sunset dan memang adanya di ujung lain dari pintu masuk. Tapi waktu saya bilang dipenuhin, jumlah orang yang nongkrong disana ketika saya juga lagi ikut nongkrong gak lebih dari 15 orang. Karena itu tempat ini masih aduhai karena kita ga ada urusan sedek-sedekan sama seribu turis buat nonton keindahan matahari terbenam yang menyatu sama gerakan ombak dari kontras batu-batu bukit.

Yang nomer dua yang menurut saya paling indah adalah White Domes Trail. Kalau kebanyakan orang-orang suka karena diujung trek ada landscape batu-batu besar, kalau saya paling suka karena ada Narrow di trek White Domes Trail. Narrow itu semacam gang sempit berbelok yang dibentengin dua batu besar di bagian kanan kirinya. Keindahannya dramatis karena satu sisi kita diapit sama batu merah besar yang awalnya kerasa tanpa ujung, disisi lain keindahan lika-liku gak beraturan dari batu-batuan yang membentengi teh kerasa kita lagi betul-betul menyatu dengan alam.

Coba perhatiin bagian bawah dari foto si Narrow diatas, bayangin kita masuk ke jalan sempit itu dan rasain nikmatnya bertualang di dalam Narrow seolah kita lagi menikmati terjebak sambil perlahan mencoba jalan keluar.

Selanjutnya ada juga Fire Cave, Arch dan masih banyak lagi yang gak cuma keindahannya yang dramatis tapi juga menarik buat sesi foto alam dan seru bertualang dengan trek yang terbilang gampang-gampang dan juga lumayan cepet buat ditempuh. Semua trek bahkan mungkin banget buat dicapai dalam satu hari aja, beberapa malah ga perlu masuk jalur trek buat dinikmatin, kaya mini Arch misalnya yang cuma perlu parkir dan langsung keliatan dari pinggir jalan.

Terus Gimana Neng Cara Kesananya?

Untuk mencapai kesini teh ada beberapa tur juga yang nawarin Tur Satu Hari yang bisa dicek di sepanjang jalan Down Town atau Strip di Las Vegas. Mahal ga neng tur gitu? Saya cek sih mahal yaa, karena mungkin masih jarang juga yang jualan ke Valley of Fire yang masih terbilang perawan ini! Terus neng gimana kesana? Bayar Mahal gituh? Ngga atuh ih, kan neneng mah pelit.

Saya mah jalur darat jalur bebas, yaitu sewa mobil. Gimana caranya biar bisa nge-road trip di USA? Cek posting neneng yang ini.

Gampang kok cara kesananya juga, tinggal ikutin aja penunjuk jalan keluar dari jalan tol menuju Valley Of Fire. Setelah keluar dari Highway juga nantinya terus ditunjukkin sama penunjuk jalan sampe akhirnya masuk ke kawasan Park nya ini.

Ketika masuk kawasan Park, kita bakal nemu dua kabin kecil di tengah-tengah jalan (mirip kabin di jalan tol yang buat bayar, jaman dulu waktu masih dijagain mamang dan teteh-teteh, inget kan?). Tapi si kabin ini teh pas saya kesana mah ga ada yang jagain. Jadi artinya gratis gitu? Oh tentu tidak pulgoso.

Jadi setelah ngelewatin gerbang itu bakal ada tempat pemberhentian di sebelah kanan pintu masuk, tempat dimana kita bayar. Lucunya, tempat bayarnya ini teh cuma satu kotak (semacam kotak surat terkunci) yang disampingnya dilengkapin sama formulir, pulpen dan amplop. Setelah formulirnya diisi sama data-data yang diminta, terus uang pembayarannya dimasukin ke dalam amplopnya terus cluppp, masukin deh ke dalam kotak.

Itu ada yang jagain ga neng? Ga ada! Berarti ga bayar juga gapapa atuh? Mmmh epaham neneng mah pas masuk itu ada kamera cctv yang ngecek satu persatu mobil yang masuk. Nah apa denda atau sangsinya kalau sampe kita nyerobot aja gapake bayar tiket masuk dulu, neneng no komen ala artis-artis abis cere gamau ditanya wartawan.

Setelah nyelesein urusan kotak pembayaran, kita bisa pilih jalan-jalan di trek yang langsung bisa dilewatin dari sana atau bisa juga skip trek yang itu dan langsung ke bagian Informasi buat ngecek jenis-jenis trek buat dicek disekitar sana.

Untuk yang berniat kemping, fasilitas kawasan tertentu juga disiapin sama pihak Tamannya, termasuk fasilitas air dan lain-lain. Kita cuma tinggal ngecek aja kapan-kapan aja waktu yang diijinkan sama pihak Taman buat kemping dan prosedur daftar sama bayarnya. Kalau yang mau langsung pulang lagi ke kota Las Vegas juga bisa, atau kalau mau lanjut ke Zion National Park juga boleh, jaraknya cuma sekitar 3 jam menuju ke Zion yang keindahan Red Canyon-nya lebih dramatis lagi.

Oiya, karena udara sekitar yang tandus (gurun atuh kan ini teh ya), jadi jangan lupa bawa sebanyak-banyaknya air yah, apalagi ketika ngetrek di sekitar jalur perbukitan atau jalur penanjakannya. Tempat ini juga lebih enak didatengin diluar musim panas. Karena musim panas disini bayangin aja kaya musim panas di Arab, panasnya ngagorenjeng kalau kata orang karawang mah.

Hatur nuhun, tips liburan seputar las vegas masih banyak lagi nih disini, cuss dicek.

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini