Jalan Jalan USA

Utah – Simbol peradaban alam semesta (Bagian Dua)

Taman Nasional Zion

Terletak di selatan Utah, dari peta bisa dilihat Zion itu gak jauh dari Grand Canyon yang ada di Negara Bagian Arizona. Kalau udah sampe Grand Canyon atau Las Vegas, gak bakal rugi sisihin beberapa hari buat ngunjungin Zion yang berkat permainan warna gunung bebatuan merah yang menyatu dengan langit, gak peduli saat menaburkan birunya yang indah atau ketika mendung dan berembun, mampu dengan sekejap manjain mata yang udah keseringan liat gedung-gedung pencakar langit.

Foto oleh @Codychristopulos


Ada banyak jalur pendakian yang di kawasan pegunungan Zion, mulai dari yang singkat dan mudah sampai jalur yang memakan waktu berjam-jam dengan jalur yang rumit ditaklukan bisa dinikmati. Sedangkan jalur yang paling populer adalah The Narrow dimana jalurnya menjadi jalur tersempit yang ada di taman nasional ini. Lebih menariknya lagi, The Narrow ini harus dilewati melalui jalur sungai. Untuk melewati jalur The Narrow ini juga disarankan untuk dilengkapi dengan pakaian dan sepatu anti air (yang dapat disewa di The Lodge) sehingga kita bisa terlindungi dari dinginnya suhu air yang dilalui serta jangan lupa juga alat pelindung kepala karena longsor bebatuan sering kali menghujani jalur di The Narrow ini. Jalur The Narrow termasuk dalam kategori challenging menurut saya, karena selain harus berjuang melewati bebatuan di dasar sungai, dinginnya air sungai, dan longsor bebatuan, kita juga harus siap dengan jalurnya yang gelap. The Narrow ini juga gak selalu dibuka, karena itu sebaiknya kita mengikuti aturan saja, ketika memang ditutup sebaiknya tidak melaluinya dengan nekat. Pasti ada alasan dan isu keselamatan ketika mereka harus memutuskan menutup jalur pendakian.

Yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke Zion:

  1. Cek terkait musim buka juga jam shuttle. Hanya ada satu penginapan di dalam Zion National Park, sedangkan kebanyakan ada di kota Springdale yang letaknya persis berbatasan dengan pintu masuk menuju Taman Nasional Zion ini. Shuttle sangat diperlukan ketika datang di peak season, karena selain kendaraan The Lodge, seluruh pengunjung diwajibkan mengambil Shuttle untuk memasuki kawasan Taman Nasional dan dilarang mengendari kendaraan pribadi. Ini link untuk cek ya: https://www.allzion.com/park_info/hours_seasons.php
  2. Makanan (restaurant dan juga supermarket) terbilang mahal dan jarang pilihan, kalau kamu termasuk kategori ketat di kantong dan suka pilih-pilih, sebaiknya siapin makanan jadi atau siap masak sebelumnya.
  3. Untuk yang mau kemping di dalam taman nasional, jangan lupa untuk double cek ya soal tarif dan aturan lokasinya.T

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini