Jalan Jalan

Butuh Liburan? Intip Tipsnya Yuk

Kalau udah tau mau kemana mah biasanya lebih gampang ngecek-ngeceknya. Tapi yang cuma bilang ‘aduh butuh liburan euy‘ nah itu yang perlu baca petuah neneng yang ini yah. Simak baik-baik, jangan kedip jangan deg-degan..

Biasanya kita iseng cari tiket kemana aja, pengen dapet tiket paling murah sesuai yang dibilang ‘LAGI PROMO NIH’ sama website-website kece. Tapi sebelum akhirnya beli, coba cek dulu ke negara tujuan teh….

PERLU VISA GA???

Keapesan yang sering kejadian teh biasanya kita asal beli gataunya visanya teh perlu diurus dengan keribetan dokumen yang luar biasa. Murah sih, tapi kalau ujungnya gak kepake karena frustasi urus visa atau malah ke rijek visanya mah atuh sayang (mending buat neneng aja kan duitnya).

Yang kaya gini sering kejadian pas kita lagi iseng-iseng dateng ke acar Travel Fair. Ngerasa gak?

Percaya-gak-percaya, ongkos tiket di travel fair teh ga seaduhai kalau kita bisa pinter-pinter cek ongkos tiket pesawat murah via website-website sebenernya (cek tips beli tiket murah disini). Acara kaya gitu biasanya emang aduhainya buat yang dapet promo-promo spektakuler dari kartu kredit. Nah kalau teteh ga punya kartu kredit? Teteh pulang aja langsung, nangis mukanya tutup bantal yah..

HINDARI lah ini mah yaa..

Saran saya mah HINDARIN beli tiket duluan ke negara yang kita harus urus visa. Lebih baik URUS VISA JAUH-JAUH HARI AJA, jadi kita bisa dapet kepastian jauh-hari dan lebih flexibel buat putusin tanggal keberangkatan. Biasanya visa dikeluarin dengan rentangan waktu sekitar 1-6 bulan, atau pengalaman saya Amerika Serikat bahkan kasih kebanyak orang langsung visa turis 5 Tahun.

Setelah urusan visa beres, sekarang waktunya CEK UDARA dan TEMPERATUR di negara tujuan. Jangan bawa sepatu boots berbulu domba waktu musim panas suhu diatas 30 derajat misalnya. Iya sih jalan-jalan ke luar negeri, tapi atuhlah sing eling ihh, yang ada jadi bahan ketawa atuh jangan tolong jangan, nama baik NKRI ih.

Ya iya atuh neneng siapa yang mau pake pakaian anget waktu lagi panas? BANYAK, demi pasang foto Instagram dan Facebook! Hayoh siapa yang ngerasa?

Kalau mau mulai jadi traveller, perlu buat mikirin ‘berkemas efektif dan efisien’. Kenapa? Biar mental kita teh dilatih buat rileks setiap kali mau libur. Jaman sekarang, apalagi dengan airbnb yang udah banyak nyediain mesin cuci dan pengering di tempat kita nginep, bisa bikin kita mikir ‘ya udah kalau keabisan baju bisa nyuci lah‘.

Selanjutnya yang bakal jadi poin terakhir di tulisan kali ini….

‘belajar mulai ngga nagih oleh-oleh ke orang yang lagi jalan-jalan’.. Belajar bahagia buat trip orang lain dengan nikmatin pengalaman mereka lewat foto posting mereka dan NGGA ngerongrong mereka dengan oleh-oleh!!!

Ini kartu merah buat tetehnya yang ngaku pengen jadi pelancong, keliling dunia, pengen dapet sebanyak mungkin stempel di paspor. Tetehnya.. jalan-jalan sendiri aja kita harus nabung, ngutang kartu kredit bahkan kayanya ada juga kan, kalau juga harus mikirin puluhan orang di sosial media yang comment atau DM ‘oleh-olehnya donk jangan lupa‘, yang ada mental bakal keganggu.. jumlah pasien rumah sakit grogol bisa nambah.; tolong atuh tolong.

Selamat jalan-jalan, hatur nuhun udah baca tips neneng hari ini..

1 thought on “Butuh Liburan? Intip Tipsnya Yuk”

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini