Jalan Jalan USA

Jalan-Jalan ke Utah? Jangan Lupa Mampir ke Spiral Jetty

Merupakan salah satu hasil karya seni yang dibangun di atas sebuah danau garam yang sepenuhnya mengandung lumpur, kristal garam, dan batuan basal di Great Salt Lake di selatan Negara Bagian Utah, Amerika Serikat. Spiral Jetty dibuat menyatu dengan alam (earthwork sculpture), sehingga saat menyaksikannya perasaan juga campur aduk. Antara terkesima dengan cara berpikir seninya om Robert yang dilatarbelakangi dengan pengetahuan sejarah yang mendalam, juga takjub sama pengetahuan kalkulasi struktur bumi, proses alam dan materialnya. Belum lagi pas lihat segumpalan pasir putih-putih yang nyerupain salju tapi sebenernya garam (cek foto di bawah deh), atau ada juga busa-busa atau juga waktu liat ombak kencang yang keliatan saling beradu jadi background pemandangan Spiral Jetty hari itu.

Gak seperti Zion yang selalu ramai terutama pada musim semi dan musim gugur, Spiral Jetty ini bukan destinasi yang banyak diketahui bahkan oleh wisatawan domestik, sehingga untuk bisa mencapainya lumayan diperlukan pengorbanan. Satu-satunya cara untuk kesana hanya dengan kendaraan pribadi dan usahakan jangan berkendara mobil kecil karena guncangan selama perjalanan bakal bikin mabok darat dengan mudahnya. Ibaratnya mau main ke Spiral Jetty ini kaya mau main ke kawasan Jampang di pedalaman Sukabumi, dimana jalanan belum aspal dan sepanjang jalan yang ada cuma padang rumput.

Tapi semua pengorbanan langsung kebayar waktu liat dan nginjekkin kaki langsung diatas maha karya itu. Gak kebayang gimana itu teh si om Robert bisa nempel-nempelin satu-satu batu di atas danau dan waktu air danau lagi pasang si Spiral Jetty ini masih bisa keliatan dari atas bukit. Jadi kaya karang buatan meureun yah?

Beruntung saya dapat pas lagi surut, makanya bisa jalan-jalan diatas danau keringnya. Salah satu wisatawan yang saya temuin rela nyemplung demi ngebuktiin tingkat keasinan yang bisa bikin badan ngambang. Menurut dia mah ceunah bener ngambang, tapi asa karunya pas ngeliat doi kuat merinding. Atuh da neng, pan tos terang meureun nuju tiris naha ngojay ah…

2 thoughts on “Jalan-Jalan ke Utah? Jangan Lupa Mampir ke Spiral Jetty”

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini