Jalan Jalan

Tips Hemat Dan Seru Ber-AirBnb

Tips Hemat Ber-AirBnb – Seneng berlibur tapi pengen dapet tempat lebih dari sekedar sekotak kamar hotel 4×4 meter persegi? Nge-airbnb adalah salah satu solusi yang perlu dimasukan dalam list, solusi maknyos keluarga hemat.

Gimana biar nge-airbnb jadi keuntungan dobel buat pemirsa? Simak yuk tipsnya!

Beberapa ada aja tentunya yang lebih mahal dari standar harga hotel, itu dia kenapa harus pinter-pinter dalam mencari dan memilih airbnb yang sesuai dengan kantong sekaligus kebutuhan.

Tips hemat airbnb – JANGAN LANGSUNG KETIPU DENGAN HARGA PER MALAM YANG DITULISKAN!

Hindari host Airbnb yang main harga murah di harga pokok per malamnya tapi pasang kebanyakan fee ini itu. Untuk menghindari ini, masuk ke filter dan langsung aja klik untuk free service fee.

Karena walau kita pasang maks price sebelum klik search, kategori fee ini tetep ga masuk dalam itungan. Ujungnya bakal keluar dari batas harga yang kita cari.

Semakin lama kita stay disatu tempat, semakin murah biayanya.

Banyak dari host airbnb yang menatapkan diskon sampai 50% ketika kita stay selama lebih dari 3 malem.

Jadi kalau kita mau jalan-jalan di satu kawasan yang berdekatan, masih lebih bijak buat stay di satu tempat aja ketimbang pindah-pindah.

CARI TAU JUGA SOAL ATURAN CANCELATION FEE!

Balik lagi, semua tergantung dari kebijakan masing-masing host. Airbnb gak ikut-ikutan ngatur, jadi cek dulu kebijakan ini satu persatu, jangan sampe kejebak karena fee cancelnya sampai 70 persen misalnya. Banyak kok yang netapin free cancelation sampai 24 jam maks.

JANGAN KETIPU LANGSUNG SAMA FOTO AIRBNB YANG CIAMIK!

Ini adalah pengalaman yang paling bikin sebel buat saya. Pasang ekspektasi tinggi karena fotonya luar biasa, pas sampe jeng jeng jeng ngarepin Brad Pitt dapetnya Parto, kan emosi! Gimana biar gak ketipu?

Review adalah pilihan nomer satu buat ngecek tempat airbnb!

Gak kaya trip advisor atau booking.com misalnya yang siapapun bisa ngereview jadi bisa dimainin, review airbnb termasuk otentik dan jujur. Cuma yang menginap dan bayar yang bisa ngereview!

Cek satu persatu. Kalau tempatnya populer dan kebanyakan reviewnya, cek aja secara random minimal 10-20 review, PASTI ada yang komen soal kesesuaian foto sama aslinya. Ini jaminan mutu ala baygon!

Skip reviewer pemalas yang gamau pusing dan cuma nulis singkat kaya ‘tempatnya ok, atau good experience’.

Cari yang reviewnya paling panjang, doi biasanya dengan tekun ngelist satu persatu pengalaman yang dirasain selama stay.

Dan ini yang bermanfaat buat pasang ekspektasi yang masuk akal sebelum klik booking dan sebelum uang kita ditarik.

Selain tempatnya itu sendiri, cari juga tentang kawasannya. Kadang ada yang berlokasi di kawasan berbahaya atau malah kawasan yang berisiknya luar biasa karena misalnya sepengkelan jalan dengan stasiun kereta.

Dobel cek untuk kawasan nya dari google map via street view. Dari situ setidaknya kita dapet masukan lebih jujur soal kawasan si lokasi airbnb.

Perhatikan pilihan tempatnya! Sharing room, sharing place, cabin dengan kamar mandi terpisah, atau entire place?

Sharing room tentunya jelas kan, dimana kita bakal sekamar tidur dengan si empunya tempat. Biasanya yang kaya gini bermanfaat buat solo traveller yang mau irit.

Sharing place adalah dimana kita punya kamar privat sendiri tapi sisanya adalah sharing seperti kamar mandi dan dapur, dimana si tuan rumah bakal berkeliaran di sekitar tempat yang kita sewa (karena doi juga tinggal disana).

Cabin biasanya bangunan kecil di samping rumah utama. Kadang ada yang sudah termasuk dengan kamar mandi di dalam kabin, kadang ada juga yang kita harus ke rumah utama buat pipis dan oo.

Mana sih yang paling oke? Semua oke aja, tergantung jenis pengalaman yang kita lagi cari.

Kalau mau banyak sharing sama si empunya rumah ya enak juga buat sharing, tapi kalau kita mau privacy ya mending cari yang entire place. Apalagi kalau kita sekeluarga dengan bawa anak pinak.

Nah untuk yang bawa anak, PENTING diperhatikan apakah tempat airbnb ini aman untuk usia anak kita. Kategori ini ada dalam Child atau Infant Suitable.

Tips hemat dan aman Airbnb – Silahkan langsung di-ignore kalau dituliskan ga aman buat anak kita.

Sebaiknya jangan ambil resiko! Karena ketika dibilang ga aman, ada resiko keselamatan atau resiko keuangan. Misal karena banyak barang pecah belah, kalau sampai dipecahin si anak, alamat kita harus ganti rugi toh?

Sukur-sukur cuma ganti rugi, kalau juga bikin harus lari ke rumah sakit? Mau hemat malah apes!

 Tips Airbnb
Airbnb.com

Mau tips jalan-jalan lainnya? Silahkan aja atuh klik disini 🙂 Bisa juga pesan Novel Soé Isabel karya saya disini yah, dijamin bakal tergugah buat jalan-jalan lebih jauh lagi!

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini