Jalan Jalan USA

Tips Berlibur Murah Ke California di Amerika Serikat

Kali ini neneng mau berbagi tips berlibur murah ke negara bagian California di Amerika Serikat. Urusan murah ini sebenernya yang paling susah, kenapa?

Karena negara bagian ini terkenal salah satu tempat paling mahal buat ditinggalin sekaligus dikunjungin di USA. Negara bagian ini menetapkan pajak tertinggi diantara negara bagian lain di Amerini.

Tapi tentu neneng tidak pantang menyerah demi menyongsong jalan-jalan ekonomis.

Tujuan paling terkenal di California ada beberapa, tapi yang paling terkenal pastinya San Fransisco.

Waktu pertama kali ngecek harga penginapan di sekitar San Fransisco, gusti saya langsung usap-usap dada. Kategori hotel sempit gak termasuk breakfast yang masih harus 20 menit naik bis menuju down town aja paling murah ada di harga 180$ per malem.

Terus harus nginep dimana kalau berkunjung ke San Fransisco?

Cara mensiasatinya ternyata cari penginapan via Airbnb yang lokasinya diluar kota San Fransisco. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah kota Oakland atau Berkeley.

Dari Oakland atau Berkeley, kita bisa naik bis langsung menuju Down Town San Fransisco, gak pake ribet atau mahal. Nginep di kawasan ini bisa bikin kita hemat sampe ratusan dolar.

Dengan alasan ke-hematan, kalau ada beberapa lokasi dengan jarak tempuh dibawah 3 jam berkendara, sebaiknya stay aja disatu lokasi itu.

Kalau tetep pengen stay tepat di kota San Fransisco, jangan lupa buat cari tahu daerah penginapannya yah. Karena walau kota yang punya banyak biliyuner, ternyata kriminalitas juga lumayan tinggi disana.

Disini dijelasin daerah mana aja sih yang termasuk angker di San Fransisco. Di listnya tertulis beberapa, contohnya Chinatown Neighborhood, The Tenderloin Neighborhood, dan masih banyak lagi.

Hati-hati dalam memilih area yah, jangan lupa kalau senjata tajam di negeri ini adalah halal alias legal. Jangan gampang ketipu sama harga lebih murah.

Selain itu, sewa mobil juga bisa jadi pilihan murah yang menarik kalau mau ngunjungin sekitar area California lainnya. Walau sebenernya naik transportasi umum pun kalau tujuannya menuju San Fransisco lumayan enak dan gampang sih.

Untuk yang bawa anak dan niat untuk road trip lebih dari satu minggu, tips neneng adalah beli aja car seat-nya. Karena sewa car seat sama aja seharga kaya beli baru.

Saya pesen car seat via Amazon dan dikirim ke hotel. Tapi kalau bingung, cek di Walmart atau Target juga banyak yang murah kok.

Nah Tips murah dan hemat selanjutnya adalah hindarin kejebak untuk visit tempat-tempat atau museum yang gak jelas di San Fransisco. Karena tarif standar tiketnya per orang bisa sampai 60$ padahal isinya ya gitu-gitu aja.

Tapi kalau memang pengen banget, bisa juga beli ticket pass. Untuk 3 hari ticket pass harganya 90$. Harga ini termasuk masuk 3 tempat wisata (Alcatraz masuk salah satunya) sekaligus free naik Muni (transportasi umum).

Untuk free pass ini cara pesennya lumayan ribet yah. Jadi ga dijual via online. Kita harus contact langsung tiket Alcatraz (iya belinya cuma bisa via Alcatraz), booking tempat terus pas hari H-nya datang dan langsung bayar di tempat.

Syarat dari free pass ini juga harus ngunjungin Alcatraz Island sebagai destinasi pertama. Selanjutnya baru deh bisa visit tempat wisata lain, Sains Academy dan Aquarium jadi pilihan kita karena bawa anak balita.

Sejujurnya Aquarium dan Sains Academy ini termasuk tempat yang cukup booring kalau buat dewasa. Ga beda jauh sama planetarium atau sea world di Ancol.

Jadi kalau ga ada anak kecil yang harus disenangkan, lebih baik di skip aja.

Satu-satunya tempat yang memang bayar mahal tapi tetap menarik dikunjungi di kota San Fransisco cuma Alcatraz Island.

Tips Berlibur Murah Ke California, View dari Alcatraz Island

Bayar masuknya (single dan bukan free pass) adalah 50$ sudah termasuk ongkos naik Boat. Waktu tempuh di boat-nya sih cuma 15 menit, tapi dari boat kita bisa lihat pemandangan Golden Gate yang membentang luar biasa.

Sedangkan waktu kunjungan di Alcatraz-nya sendiri bisa sekitar 3-4 jam. Kalau saya sih perkirakan aja sebagai satu hari untuk dihabiskan.

Memang si Alcatraz ini punya banyak cerita menarik buat dicek, termasuk ratusan bui dengan level yang beda-beda. Ada juga tempat bolongan yang berhasil dibikin sama 3 orang mantan napi yang akhirnya berhasil melarikan diri.

Jangan lupa bawa snack dan air minum pas berkunjung kesini. Kan gak lucu donk pengsan di bui.

Tapi! perlu dicatet kalau di Alcatraz Island cuma ada satu lokasi dimana kita boleh makan dan minum.

Sisanya, karena termasuk National Park jadi lumayan strict aturannya. Jadi mending jangan ngeyel daripada berakhir dengan ongkos tilang ratusan dolar.

Setelah cape dan laper muterin Alcatraz Island, boleh juga langsung cus ke Ferry Building Market Place buat cari makanan enak yang lumayan murah.

Tips Berlibur Murah Ke California, Temapt Makan di San Fransisco

Gedungnya juga lumayan cakep dan kalau lagi anget kita bisa makan di teras depan gedungnya sambil nonton orang-orang lalu-lalang. Dan disitu mulai bisa ngerasain american experience.

Selain itu jangan lupa juga donk buat visit yang gratis-gratis, contohnya ke Golden Gate Garden. Taman ini konon luasnya 20% lebih luas dari Central Park di New York City.

Di dalam kawasan taman ini ada taman bermain anak yang konon menjadi taman bermain pertama yang dibangun di Amerika Serikat. Tamannya lumayan luas, kalau si aa demo gamau pulang walau udah 3 jam main, gusti aa atuhlah

Dan tentunya bisa juga langsung visit ke yang paling bersejarah, Golden Gate.

Tips Berlibur Murah Ke California, Golden Gate

Sunrise atau Sunset jadi pilihan yang wajib diperhitungin buat ngunjungin Golden Gate ini.

Lokasi yang paling menakjubkan buat nonton sunrise ada di Fort Point.

Tapi jangan turun sampai jauh ke bawah yah, karena gedung yang bertengger di Fort Point bikin view-nya ganggu. Stay di atas aja, persis di atas Fort Point.

Alamo Square boleh juga masuk list tempat gratis yang wajib di kunjungin. Taman ini berbentuk seperti bukit dengan pemandangan menghadap rumah-rumah khas nan unik yang juga dikenal dengan sebutan Painted Ladies.

Painted Ladies

Dari sini juga kita bisa lihat pemandangan gedung kota San Fransisco.

Selanjutnya bertandang ke University of Stanford adalah pilihan paling menarik ketika sedang berada di sekitar San Fransisco. Tentunya Gratis donk, cuma harus bayar parkir doang sekitar 3$ untuk 2 jam.

Perkirakan juga satu hari untuk bertandang kesana yah, karena banyak tempat di kawasan kampus yang menarik buat dikunjungin.

Mulai dari Hoover Tower, Green Library, Red Fountain, Art Work di depan Law School of Stanford, dmbla (dan masih banyak lagi atuh).

Sampai café-nya pun juga gak kalah menarik, duduk manis minum kopi sambil curi dengar anak-anak kampus yang ngobrolin dari masalah negara sampe selingkuhan artis.

Stanford adalah salah satu tips hemat menikmati liburan di sekitar San Fransisco.

Tips selanjutnya adalah kalau bisa cari penginapan yang ada dapurnya. Karena jajan di San Fransisco ini sekali makan (walau hampir selalu enak), bisa ngocek sekitar 20-30$ per orang.

Nah kalau tempat menginapnya punya dapur, tempat belanja paling hemat tapi seger dan oke adalah Trader Joe. Trader Joe ada juga dikawasan Stanford University. Pulang jalan-jalan di kampus bisa langsung belanja deh.

Kalau tertarik ke Sillicon Valley, bisa juga sekalian ngunjungin kantor Google setelah dari Stanford University. Oiya cuma Google yah satu-satunya kantor yang halamannya dibuka untuk umum, sedangkan yang lain gak bisa.

Tapi jangan kaget yah kalau lihat gedungnya masih lebih cakep dibanding sama gedung MPR di Jakarta.

Beda sama judulnya yang bikin melincring karena identik sama perusahaan-perusahaan raksasa,

kawasan Sillicon Valley ini ternyata gak semewah make-up Syahrini, sungguh membleh.

Tapi kalau penasaran ya boleh juga lewatin aja, daripada bikin ngidam kan? Sekalian check in Facebook di Facebook, biar dobel trobel.

Selanjutnya mengunjungi Yosemite National Park dan Cavaleras Big Trees State Park di Sierra Nevada, dan stay di Twain Harte sebagai pilihan hemat tapi luar biasa seru buat wisata alam di California.

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini