Gosip Parenting

Ada Yang Salah Dengan Orangtua?

Dulu saya sempet gampangan buat menghakimi orangtua-orangtua diluar sana, mau sodara, temen, orang yang saya kenal atau yang random gak sengaja saya temuin di jalanan. Kadang saya kritik orangtua yang lagi ngomelin anaknya di jalan di depan banyak orang, melas hati asaan teh. Di lain kesempatan saya juga sok gondok liat anak-anak atuh kenapa kelakuannya ada-ada wae dan gimana sih itu orangtuanya masa ngga ada waktu gitu buat ngedidik?!

Sampe akhirnya saya punya anak sendiri. Tararam!!! Mimpi buruk soal hakim jalanan ngerusak kenikmatan saya jadi orangtua baru! KESEL atuh?!

Dimulai dari ngejudge yang gak ada angin gak ada ujan pengen ngelahirin anaknya sesar bakating takut. Hallooo, ternyata emang menakutkan cuy! Rasanya saya malah hampir pasrah, kayanya teh saya udah siap mati aja da udah gak kuat lagi, sedangkan kepala anak saya udah setengah kejebak diluar! Iya, rasanya emang kaya hampir mati lahiran vaginal itu, sekarang saya paham yang emang takut! Saya minta maap atuh ya ibu-ibu, gak layak kalian di hakimi cuma karena perkara proses akhir padahal 9 bulan perjuangan udah antara mabok, sakit pinggang, belum lagi susah tidur susah jalan susah duduk!

Yang kedua soal sikap dan perilaku anak-anak! Tega amatan saya ngeremehin kerjaan orangtua buat ngedidik anak-anak mereka sendiri? Iya emang saya sempet setega itu sampai akhirnya saya punya anak sendiri dan kesel sendiri dengerin hakim-hakim jalanan ngasih tahu gimana seharusnya saya jadi ibu! Duh yaa saya cabein juga itu mulut geura..

Atuhlah namanya juga anak-anak, waktunya buat mereka buat mencari menemukan dan mengerti emang lewat observasi! Dan biar sebagai orangtua kita keukeuh pengennya anak ngelakuin apapun yang kita mau ya ga segampang itu bikin mereka mau ikutin maunya kita! Mereka teh atuh bukan mesin komputer, bukan robot, bukan aplikasi hape yang tinggal pencet terus nurut!

Dan dulu sebelum punya anak sendiri, saya suka kesel liat orangtua yang ngomelin anak-anaknya di depan banyak orang. Atuh kenapa tega amat ya (kata saya teh waktu dulu)! Terus saya janji sama diri sendiri kalau saya gak akan pernah ngelakuin itu! Saya masih konsisten sama janji dan semoga selamanya (amin), tapi sejujurnya ini teh jadi kerjaan yang amsyong! Sekarang saya paham apa yang bikin orangtua-orangtua frustasi sampe ngerasa ngga punya jalan lain buat dealing sama anak-anak selain ngadat! atuh da kadang anak-anak teh sok susah pisan diajak kompromi 🙁

Banyak hal-hal konyol lain yang kadang ngerusak hari saya sebagai orangtua, ada aja omongan atau lirikan random yang bikin susah hati teh! Sedih mah iya, tapi kalau dipikir-pikir lagi ya udahlah meureun balesan aja gara-gara dulu saya juga sok pikasebeuleun. Kalau gak nemen teuing mah saya diemin.. yang kebangetan aja paling yang kena adat karawang saya tanpa ampun, atuh da saya juga bisa kebakar ih kalau disiram minyak tanah mah..

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini