Jalan Jalan USA

Tips Road Trip di Amerika Serikat

Tiket udah dapet ke USA? Kalau belum, cek dulu tips berburu tiket murah disini.

Nah kalau USA jadi tujuan teteh dan mamang sekalian buat liburan selanjutnya, penting nih buat masukin ROAD TRIP ke list. Pasalnya teh yaa road trip emang bagian dari budaya orang amerini sarikit. Tau kenapa? Karena fungsi transportasi umum via darat di kebanyakan States teh usut punya usut memang belum optimal.

Nah sebelum mutusin buat Road Trip di negeri Amerini Sarikit ini, penting buat cek beberapa hal ini atuh;

Number One teh ya, jangan lupa bikin dulu SIM Internasional. Saya teh terakhir bikin itu SIM taun 2016 di Korlantas Polri SIM International di kawasan Pancoran. Gak pake pungli gak pake antri dan syaratnya juga aduhai gampang. Coba aja cek disini lebih jelasnya mah atuh ya. Mamangnya jelasin lengkap banget.

Tapi bawa SIM Internasional bukan berarti kita harus ninggalin SIM Nasional kita di laci rumah. Beberapa tempat sewa mobil contohnya, kadang tetep aja minta kita teh buat nunjukin SIM Nasional kita. Daripada udah sampe sana dan gagal Road Trip gara-gara beginian doank kan atuh sedih ihh..

WAJIB BAWA SIM NASIONAL & INTERNASIONAL ✓

Number Second selanjutnya teh soal Rental Mobil nih. jangan takut buat cek seribu satu website yang ada buat ngecek rental yang ditawarin dari berbagai perusahaan yang ada. Bandingin semua harga-harganya. Ada banyak website malahan teh yang kasih harga perbandingan gitu, ini teh salah satunya.

LEBIH LAMA WAKTU SEWANYA RATE HARGANYA PUN BIASANYA MALAH LEBIH MURAH!

Oiya 90% mobil di USA teh otomatis yah. Kalau rental mobil malah kayanya udah ga ada yang nyediain mobil manual, kayanya atuh yaa ini mahh penjelasan kakang prabunya neneng yang 30 tahun hidup di USA. Malah katanya tes SIM mobil aja udah semua pake mobil otomatis kalau disana mah.

Selain bandingin harga, ada lagi neng yang harus diperhatiin waktu mau sewa mobil di USA teh? Ada atuh! Perhatiin aturan pick up sama drop nya. Kalau kita rencana mau ambil dan kembaliin di tempat berbeda, cek dulu apakah tempat sewa itu nyediain servis semacam ini. Walau kita sewa mobil di perusahaan raksasa semacam HERTZ misalnya belum tentu kita bisa aja ngelakuin hal itu.

ATURAN PICK UP & DROP RENTAL✓

Kalau bawa anak gimana neng? Jangan lupa juga nih kalau dibawah hukum sebagian besar STATES di USA ini, anak-anak kudu wajib harus duduk di car seat sampai usia atau tinggi badan tertentu (tergantung sama mana yang mencapai duluan biasanya, umurnya atau tinggi badannya). Kebanyakan mah ngejelasin kalau sampai usia 12 Tahun anak WAJIB hukumnya untuk pakai car seat. Jenis car seat sendiri memang tergantung juga sama tinggi badan dan usia si anak.

Apa itu teh artinya saya harus beli car seat atau bawa dari Indonesia gitu? Kalau bayi dibawah usia 1 tahun atau berat kurang dari 15 kg mah mungkin masih bisa yah bawa-bawa car seat dari Indonesia yang nempel sekalian sama stroller nya juga, tapi kalau lebih dari itu gimana? Hampir semua rental nyediain juga jasa menyewakan car seat kok, jadi gak perlu beli atau bawa berat-berat dari Indonesia (yang mungkin bisa bikin kita bayar bagasi mahal malahan kan).

Harga yang ditawarin emang lumayan mahal biasanya buat sewa car seat (sekitar 7-20 Dolar per hari – artinya harganya hampir sama sama harga sewa mobilnya sendiri per hari yang bisa mulai disekitaran 15 Dolar per hari). kalau road trip-nya niat sampe sebulan atau berminggu-minggu gitu mah, kayanya beli car seat baru di negara tujuan kenanya lebih murah dan lebih nyaman buat anak kitanya. Jadi ini mah bergantung sama lamanya kita mau road trip juga.

CAR SEAT ✓

Number Third PAHAMI DENGAN SEKSAMA ATURAN BERKENDARA. Jangan lupa buat ngecek dulu aturan-aturan dasar yang perlu diinget biar ga kena tilang jutaan rupiah atau malah parahnya kena masalah sama polisi. Kalau soal setir kiri mah udah tau kan yah? Ya, USA menerapkan setir kiri dan posisi jalan yang berkebalikan dengan kita di Indonesia.

Selanjutnya perkara aturan membaca Tanda Jalan / Traffic Signs. Beda sama eropa yang punya traffic sign yang kadang sulit dimengerti, di USA mah hampir semua jelas atau mungkin lebih familiar buat orang kita. Kebanyakan malah pake atau ditambah kata-kata, kaya Stop atau Dilarang Belok Kiri atau dll. Coba cek disini deh lengkapnya buat paham soal tanda jalan apa aja yang berlaku di USA.

Inget juga atuh ya kalao di USA bukan pake KM/Jam tapi mereka pakenya Miles/hour. 1 Mile teh ya sekitar 1.7 KM, artinya kerasanya pas baca sign teh kaya deket, tapi padahal jaraknya sama yang ada dikepala kita harus dikali dua. Kalau dibilang Las Vegas 500 Miles, berarti itu teh sekitar 850 dalam KM. Artinya juga pas baca kecepatan di speedometer (bener ga sih ini nulis ejaannya?) jangan gegabah oke?

Soal kecepatan nih! Kebanyakan jalanan di USA walau keliatan kosong karena kerasanya teh lagi di udug-udug yang tanpa ujung, sebenernya mereka kirim banyak APARAT POLISI buat berjaga di banyak titik sekitar Highway. Jadi beda sama Eropa yang nerapin kamera dan tilang virtual, USA mah nerapin polisi jalanan dalam artian sesungguhnya.

HARAM hukumnya buat mikir kalau kamu teh bisa kebut-kebutan sesuka hati di jalanan udug-udug, karena POLISI gak segen kejer dan bikin jalan-jalan kita jadi mimpi buruk dalam sekejapan mata sajah teteh dan mamang.

Tau kan kalau USA teh salah satu negara yang ngelegalin senjata buat dibawa-bawa mulai dari mamang-mamang tukang ketupat sampe abah-abah juragan sekelas Steve Jobs? Apa atuh neng hartina? Kok jadi nakut-nakutin!

Jadilah pengendara yang respektif sama pengendara lain, demi keselamatan pribadi minimal mah ✓

Jangan agresif apalagi ngerasa asik aja ngajak ribut atau klakson-klakson karena kita ngerasa bener. Inget kita mah cuma turis, banyak aturan jalanan yang mungkin kita gapaham betul. Berbaik hati aja, jangan rusak jalan-jalan kita sama hal konyol macam begitu yah teteh dan mamang sekalian.

Number Fourth dan jadi nomer terakhir yang gak kalah krusial buat dipikirin:

BAWA CEMILAN & SUPPLY AIR ✓

KONDISI BENSIN TERUS DICEK ✓

Kenapa atuh? Jalanan Highway di USA itu teh bisa sepanjang alaihumgambreng (semacam gurun atau gunung atau ya padang pasir aja tanpa amang-amang tukang bensin atau warung) dan kadang jarak antar satu kota ke yang berikutnya bisa sampe 2 jam.

Penting buat perhitungin jarak yang mau kita tempuh, pikirin perut sendiri dan perut si mobil dan janga lupa perhitungin tempat buat bermalam. USA bukan negara yang begitu aja ngijinin kita buat parkir dan berenti buat sekedar tidur di mobil (kaya Perancis yang super bebas misalnya). Kenapa? Nomer satu, USA bukan negara seaman itu pemirsa. Nomer dua, kita lagi-lagi bisa kena masalah sama polisi setempat.

Diluar dari itu, menurut saya USA teh tempat paling bersahabat, kebanyakan dari mereka selalu dengan ramah dan baik hati nolongin kalau kita kesasar. Belum lagi tempat makan super internasional di kebanyakan daerah di Amerini Sarikit ini teh. Selamat ngeng-ngeng di negeri Amerini Sarikit teteh dan mamang 🙂

Kalau mau tau soal gimana karakter kebanyakan orang sana ngadepin turis dibanding sama orang Perancis, boleh nih coba dicek disini.

Selanjutnya Road Trip di Eropa dan Amerika Selatan yah..

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini