Afrika

Tawar Menawar Oleh-Oleh di Marrakesh, bisa?

Atuh lah neng, naon ih bedanya? Bukannya cuma tinggal ajak ngotot tawar sekejam mungkin dan belaga ninggalin dan kemudian muka mulai ragu dan akhir cerita cuma tinggal liat kita yang puas atau penjualnya yang puas??

Gak pemirsa! Jadi gini atuh caranya teh ya, biasanya tempat pertama kasih harga A ya udah anggap cukup tahu aja, tempat kedua kasih harga A lagi dan lagi-lagi tinggalin aja dengan bangga dan hati syahdu, tempat ketiga kasih harga 10 persen lebh murah.. tetep tinggal lagi aja, gak usah diajak ngotot.. tempat keempat mulai kasih 20 persen dari harga A.. kalau kita udah cape, ya udah ambilnya, tapi kalau saya coba lagi ketempat kelima dan biasanya harga berkurang bisa sampe 30-50 % .. Beneran itu teh?

Kalau menurut pengalaman saya beli teko, beli sabun, beli teh, beli pengharum ruangan sampe beli paket tur sehari memang kaya gitu, bener-bener kaya gitu. Tempat kesatu sampai ketiga dari barang yang mau kita beli jangan dibeli soalnya muka kepo ngelay kita masih keliatan, biasanya di tempat keeempat kita mulai ada rasa percaya diri.

Jadi gimana nawarnya? Saya mah sama sekali gak pernah nawar sama penjual disini, tapi saya nawar rasa sabar sama diri sendiri aja.

Maksudnya? Jadi teh jangan beli barang langsung gegabah, cek-cek dulu, liat-liat juga dulu ke beberapa toko. Pokonya jangan terkecoh sama si mamang nomer satu saran neneng mah.

Kenapa atuh? Karena tempat pertama saya beli pengharum ruangan saya berasa kena tipu. Kenapa atuh ga ditawar? Saya sedikit coba-coba tapi penjualnya lebih tawakal dari saya, jadi saya teh harus gimana atuh yaa. Dan kalau mau nawar juga orang disini mah da atuh galak-galak euy, serem saya mah pulgoso.

Terus apa aja atuh oleh-oleh aduhai ala Maroko? Saya mah paling suka pengharum yang bentuknya teh kaya sabun, wanginya ajib syekali. Tempat pertama saya beli harganya 20 Dirham, tempat kedua sama, tempat kelima harganya cuma 10 Dirham, 50% lebih murah atuh kan. COba saya sabar sedikit aja saya bisa dapet lebih murah kan?

Apalagi teh oleholeh has Maroko teh? Teh Mint! Tehnya teh disini ajib syekali, nikmat kata neneng mah rasanya. Harganya pokonya mah paling mahal teh 20 Dirham yaa per 100 gramnya tehh..

Terus apa lagi? Piramida-piramidaan yang buat Tajine kayanya mah populer jugaa. Saya mah ga beli sih, tapi populer kelas kakap ieu mah..

Magnet kulkas gimana? Muhun doonk! 10 Dirham saya dapet udah super kece.

Ada juga kostum tradisional yang masih banyak dipake sama laki-laki disana, semacam gamis yang ada topinya. Saya mah juga gabeli soalnya mahal.

Sekian dan hatur nuhun.

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini