Coffee Break Gosip Parenting

Moral Berbagi

“Kalau kamu gamau berbagi, ya gapapa bilang aja,” seorang ibu bicara pada anaknya. Ketika itu, saya sedang duduk manis sambil membaca buku di taman.

Dua anak sedang bermain bersama. Mungkin kedua anak itu berkisar sekitar 3 tahun. Atau pasnya sih gak mungkin lebih dari 4 tahun deh, gak usah dinego lagi yah 😛

“Excuse me!” Punten meureun yah artinya teh. “Ibu kepalanya baru kejedot atau selang jantungnya lagi mampet? Bisa banget ngajarin anak buat gamau berbagi!” Ibu dari anak lainnya (kayanya sih ibunya yah, mukanya kaya pinang dibelah golok soalnya, super mirip) langsung angkat suara.

Saat itu anak saya masih berusia 6 bulan, jadi saya pasang muka netral. Diem-diem ngeden, eh diem-diem mikir maksudnya.

Sekarang ketika anak saya menginjak usia dua tahun, akhirnya perkara ini balik lagi. Saya harus ambil keputusan (berat yah kaya ulekan batu), masalahnya ternyata kasus ini adalah semur jengkol di nasi uduk, sambel bawang di pecel lele, dan sabun colek buat mandi. Gak paham kan? Sama!

Menurut emak-emak komplek sini gimana? Apa ajaran moral soal berbagi yg ditanamkan untuk anak?

Silahkan dibagi-bagi uangnya, ehh elmunya ihh!

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini