Amerika Latin Jalan Jalan

Ternyata Mars versi Film Hollywood ada di Negeri ini

Sempet denger nama kota Santiago de Chile pas heboh kasusnya Ibu Ratna Sarumpaet? Nah Tempat syuting film-film Hollywood yang katanya di Mars juga adanya di negeri yang sama, Chili atau Chile atau Lada atau Kepedesan (bodo amat ah). Namanya Gurun Atacama, lokasinya ada di Utara Negara Chile dan berbatasan dengan Peru.

Begini kurang lebih yang ditulis di wikipedia soal kawasan ini: Nasa Team menggunakan kawasan ini untuk percobaan kehidupan di Mars di masa depan karena beberapa alasan;

Satu soal ngga adanya tanda kehidupan. Pada sampel tanah dikawasan ini teh ngga ditemukan tanda-tanda kehidupan. Kering banget, bahkan di sebagian kawasan gak pernah terjadi hujan, katanya loh yaa

Dua karena keudzurannya. Kabarnya gurun ini disebut-sebut sebagai gurun tertua yang terbentuk di planet bumi. Jadi mungkin istilah gampangnya tuh karena banyak tanda-tanda soal molekul atau apapun lah yang neneng gapaham yang bikin si Atacama jadi rumah-rumahannya astronot.

Nomer tiga karena langitnya astaga molencrang sekali, ngga ada setitikpun awan, biru cerah ajah langitnya terus pagi siang sore malem subuh abis asar abis magrib.

Terus apa saya ke tempat obervasi Nasa itu? Tapi karena kalau ke lokasi stargazingnya di Atacama langsung kejauhan dan kudu naik pesawat lagi atau lewat darat makan sehari semalem, belum lagi bayar untuk ke tempat observasi NASA nya itu alaihumgambreng harganya.. ampun atuh kantong sama tenaga? Neneng mah jelas sukanya yang murah, engga bikin kantong repot, engga bikin hati sedih.

Jadi kita mutusin ke lokasi paling selatan, yang jarang turisnya, yang lebih murah tapi tetep bisa nyontek apa yang mereka maksud dengan Mars Bohong-bohongan versi Hollywood. Jadinya suami saya usul ke kampung Astronomi Pisco Elqui aja! Iya atuh bebih hayuh

Kita mutusin buat sewa mobil dari Santiago buat nyetir ke Pisco Elqui ini. Sebenernya denger-denger kalau bis disana oke punya dan ga seberapa mahal dan sempet kepikir juga buat naik bis aja. Tapi? Iya liburan sama anak umur setahun mah ada aja yang bikin galau. Pas lihat kalau harga sewa juga ujung2nya ga kalah murah, akhirnya ya udahlah sewa mobil aja, biar pas disananya gampang juga kemana-kemana. Kalau buat yang solo backpacker mah kayanya naik bis layak buat dipertimbangin!

Pisco Elqui ini teh katanya mah bagian paling selatan dari Gurun Atacama. Jadi sekitar kawasan gurun ini teh letaknya memang terkenal sebagai salah satu lokasi yang dikleim jadi tempat yang paling sempurna buat stargazing atau sekedar mandangin langit yang bersih total tanpa awan sedikit juga dan bikin mata telanjang bisa ngeliat jutaan bintang sama ke delapan planet yang sejak di SD kita denger kalau mereka ada di sirkuit yang sama kaya planet bumi tempat kita tinggal.

Kita tinggal di salah satu tempat Airbnb paling murah yang kita temuin. Tempatnya cuma kamar sama kamar mandi aja, semacam rumah petak lah! Tapi dari luar pintu kamar langsung bisa mandang gunung gurun sekaligus ngelamun sambil mandangin jutaan bintang yang alhamdulillah-nya teh selalu muncul setiap malem, jadi gak kecewa lah!

Karena penasaran soal tour berburu bintang, akhirnya kita mutusin buat ikutan. Ada beberapa agent di sekitar kampung ini, tapi kita pilih salah satu yang sempet nolongin buat ngontak host airbnb yang susah dihubungin pas pertama sampe. MasyaAllah pisan bageurnya orang-orang disini teh! Iya bener, walau perkara paling besar disini teh soal bahasa karena seribu satu yang bisa bahasa inggris, tapi kerasa aja gitu kalau orang lokal teh menerima turis asing dengan ramah! Ga melulu soal bisnis, kadang mereka dengan senang hati nolong walau imbalannya cuma ‘grasias’ sambil senyum lebar.

Malem itu pas kita ikut stargazing tour akhirnya buat pertama kalinya saya liat planet Mars sama planet Saturnus. Kalau planet Mars malem itu warnanya oranye karena lagi Full Moon ceunah, jadi dapet refleksi warna. Sedangkan Saturnus jadi favorit saya, bentuknya itu teh kaya cincin yang ngitarin bula di tengahnya. Saya gak pernah paham soal Astrologi, tapi gara2 liat ini jadi berasa keren sehari.

Selain stargazing, kita juga hunting sungai. Tapi sayangnya sungai-sungai cantiknya ada di dalem privat property, jadi salah satu yang ngijinen buat diakses itu paling di kawasan camping field dan biasanya kita diminta bayar sekitar 3000-5000 peso, sekitar 70-100ribu kayanya kalo di rupiahin. Pemandangan dari sungai ini luar biasa, karena kita datengnya pas ngga lagi peak season jadi sungainya berasa punya sendiri, kedua karena pemandangannya lebih layak dikasi harga beribu kali lipat karena saking luar biasanya. MasyaAllah!

Si putih yang hobi eungap setiap diajak naik-naik ke puncak gunung

Selain itu di kawasan ini juga kita bisa mantengin pegunungan gurun yang sesekali dilengkapin kebun anggur! Jadi gimana ya, bingung juga ngegambarinnya, setengah gundul da karena gurun setengah lagi ijo karena kawasan perkebunan. Saya mah rekomendasi banget sih kesini, terutama buat yang males ngerogoh kantong kebanyakan buat terbang sampe ke Atacama. Jangan lupa yahh ini kawasan gurun jadi kalo siang keringnya amsyong dan malem cantiknya gak kalah amsyong! Grasias teteh!!

Pengen jalan-jalan ke Mars? Coba dulu datengin kawasan Gurun Atacama ini aja, kalau kuat nya sok mangga lanjut ke Mars, kalau ngga kuat? Balik lagi aja yuk ke Plaza Indonesia…

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini