Afrika

Delapan Ribu Dirham Liburan ke Maroko (Sekeluarga)

Bener atuh total ongkosnya itu teh kalau mau ke Marrakesh? Delapan Ribu Dirham teh berapa atuh kalau dirupiahin?

Nomer satu nih, sebelum kesana, lupain ongkos bikin visa karena paspor hijau kita bebas visa masuk ke Maroko. Alhamdulillah gak keluar ongkos agen bikin visa! Maju jalan…

Tapi walau gak pake visa, bukan berarti ga ada aturan atuh ya. Jadi perhatiin juga paspor kita teh masa berlakunya habis kapan? Kita ga bakal diijinin masuk ke negara ini kalau masa berlaku paspor kita kurang dari 6 bulan. Saya sendiri harus urus paspor baru karena saya berangkat januari sedangkan paspor saya masa berlakunya habis bulan juli.

Terus apa lagi atuh yang harus dipikirin? Tetepin waktunya!

Penting buat mikirin kapan sebaiknya teh main kesana karena musim panas di garis gurun kaya Maroko gak maen-maen panasnya, dan musim dingin bisa disekitar 15-20 derajat. Jadi sebelum nentuin waktu berangkat, pikirin dulu suhu apa yang kita mau ajak bersahabat entarnya selama liburan.

Ada lagi? Baju! Maksudnya teh apa?

Buat perempuan, terutama yang ga berjilbab atuh ya sebaiknya mah bawa baju yang ketutup ajah, kaca celana jeans kaos lah seengganya mah. Sebaiknya atau seharusnya? Sebaiknya, iyah! Saya sendiri ga liat atau baca soal aturan berpakaian, cuma demi kenyamanan aja atuh. Saya papasan sama beberapa turis yang sebenernya mungkin ga yang seksi cuma sedikit kebuka.. dan?? komentar laki-laki di jalanan lumayan serem dan pedes atuhlah kaya kucing nguing liat daging ayam dicabein. Ditambah juga demi keamanan sendiri juga kata saya mah, serem kalau ditandain juga kan.

Ada lagi ga atuh teh, kalau ngga hayu buru soal duit! Iyah atuh hayuh.. Saya sekeluarga (saya, suami, anak kecil) ngabisin kira-kira 8ribu Dirham Maroko yang saat ini teh kalau saya cek google mah setara dengan 30juta buat selama 8 hari liburan. Dalam hal ini teh udah semua bersih yah, door to door kata suami saya mah ceunah. Artinya udah mulai dari ongkos ke bandara, pesawat, jajan di bandara, ongkos taksi ke hotel, bayar hotel, makan pagi siang sore malem, nyemil pagi siang sore malem, tur ke Ourika yang jaraknya satu jam dari kota Marrakesh, beli magnet, beli parfum-parfum ala-ala, beli teh, beli kopi, beli oleh-oleh teko kecil, taksi pulang ke bandara, sampe akhirnya di rumah lagi. Iyah ituh pengeluaran bersih selama 8hari kita liburan.

Atau gini aja, kurangin ongkos 1000 Dirham yang jadi ongkos pesawat kita bertiga pulang pergi ke Marrakech. Sekitar 3500 Dirham jadi ongkos bayar airbnb kita, dan sisanya itulah si 3500 Dirham yang jadi ongkos makan jajan belanja ala-ala ngopi ngeteh beli buah beli jeruk beli rasberi beli pisang dll. Dan kalau mau dibagi per orang, saya bisa bilang kalau per kepala dewasa teh mungkin sekitar 3000 dirham kali yah bersihnya, berapa tuh rupiahnye teh? Atuhlah cek google aja.

4 thoughts on “Delapan Ribu Dirham Liburan ke Maroko (Sekeluarga)”

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini