Eropa

Gorges du Verdon & Fréjus

Pernah denger atau masukin Saint Tropez ke daftar tujuan wisata selanjutnya? Gorge du Verdon ini lokasi ga jauh dari sana, bukan dikawasan tepi pantai tapi ada di kawasan Taman Nasional Regional du Verdon. Istimewanya apa atuh?

Gorge teh semacam canyon atau kalau kata kamus mah katanya semacam ngarai kecil yang sempit dan curam. Jadi semacam danau yang dibentengin sama gunung batu di samping kanan dan kirinya, persis kaya yang bisa dilihat di foto. Semakin jauh bakal semakin menyempit.

Bahkan kayak-kayak yang dikendarain sama banyak pengunjung harus mulai antri ketika semakin jauh didayung. Standarnya canyon sempit kaya gini teh biasanya resiko longsoran kerikil. Ada gitu? Iya emang beneran ada dan malah lumayan sering!

Tapi ya itu juga yang bikin dayungan makin kerasa kaya petualangan seru. Beberapa orang malah berani sampai naik ke ketinggian canyon buat lompat, dan beberapa malah sampai naik jembatan buat lompat. Bahaya? Ya gatau juga sih, saya termasuk yang nekat, atuh daa keliatan menantang dan seru dan EMANG rasanya teh luar biasa gusti!

Beda sama Nice atau Monaco atau Saint Tropez yang isinya teh turis-turis internasyenel, ini mah paling makhluk-makhluk super lokal yang paling ga tinggal jauh dari lokasi si Gorge ini. Jarang ada turis nekat kaya saya yang malah gatau ntar teh harus tidur dimana atuh karena disekitar situ ya cuma jalanan panjang aja yang berliku kaya mau ke Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi.

Banyak hal yang bisa dilakuin di Gorge ini teh, tapi sejauh apapun ya mesti emang doyan renang, doyan kayakan atau doyan petualangan. Kalau ngga mah yaaa sama aja sambel sih dateng foto ceklik posting terus dadah mah, kecuali kalau tetehnya kaya inces lah. Menuju kesini juga gabisa pake kendaraan umum, teu aya da kendaraan umum yang kesini mah karena bukan kampung. Jadi kalau kalian ke Nice misalnya, bisa sewa mobil terus mampir Gorge du Verdon seharian nginep di kampung sebelah terus bisa lanjut ke Fréjus. Atuh kenapa gak lanjut ke Saint Tropez?

Aduh teteh Saint Tropez mah ripuh saya. Hotel paling murah harganya 300 euro eta juga kelasnya cukup menyedihkan. Saya putar-puter cari hotel di Saint Tropez berujung rasanya pengen selimutan aja di pantai, teu sanggup bayarnya gusti! Nah kalau yang kantongnya minimalis kaya saya, percaya deh Fréjus bahkan lebih kece dari Saint Tropez. Tapi kalau yang benci sepi-sepi dan lebih suka party-party mah jangan kesini takutnya malah ntar depresi tetehnya yahh.

Ini beberapa foto di sekitar tepi pantai Fréjus yahh. Canyon lagi, cakep lagi, sepi lagi, berasa kolam privat lahh..

Deket sini ada juga kebun lavender yang biasanya mulai bisa dikunjungin sekitar musim semi. Saya mah belum pernah jadi gak tahu apa-apa, karena pas saya kesana itu kebon teh udah ambles semua, telat teteh.

Kalau misal tetehnya perlu info yang lebih lengkap, mangga di komen aja yah, saya bantu semampu saya 🙂 Selamat bertualang!

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini