Coffee Break Koleksi Buku Terbaik Koleksi Pribadi

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia: Bob Sadino

Siapa yang gak kenal pengusaha sukses Bob Sadino? Ini adalah kisah inspiratif Bob Sadino.

Pengusaha sukses ini ternyata bermula dari jualan door to door, diusir dan ditolak sana sini ketika pertama kali memperkenalkan jualan telur ayam negerinya.

Kasian ya? Tapi akhirnya? Jadi salah satu pengusaha paling inspiratif, jadi orang terkaya di NKRI!

Kisah inspiratif Bob Sadino
Bob Sadino

Jadi buat kita yang masih ngerasa gak enak hati buat nge-broadcast karya atau jualan atau nyebar upaya branding kita, waktunya nyontek tips sukses Om Bob, ketuk terus pantang diem.

Awalnya saya malu hati waktu mutusin buat mulai nge-broadcast soal tulisan, terutama novel yang selama dua tahun jadi fokus pikiran diluar peran sebagai ibu dan istri.

Karena banyak alesan, takut ganggu, takut di-blok dan takutnya ternyata tulisan-tulisan saya teh dirasa gada manfaatnya.

Sampai saya inget soal kisahnya Bob Sadino soal jualan telur awal-awal masa miskinnya:

Kalau ilmu manajemen bilang, butuh edukasi pasar (mengenalkan telur negeri yang belum dikenal masyarakat Indonesia di tahun 1970).

Tapi tentu saja sang pengusaha sukses Bob Sadino tidak mengenal istilah edukasi pasar. Dia hanya melakukan apa yang harus dilakukan, yakni tak pernah berhenti mengenalkan telur barunya kepada sebanyak mungkin orang….  (dikutip dari buku ini)

Setelah dipikir pakai otak (anti sensitif anti korengan), ya bener juga, kebukti sama Bob Sadino sendiri.

Dari miskin banget jadi kaya banget, dari dianggap goblok banget jadi dibilang kelewat pinter.

Dari dibilang bikin malu keluarga berakhir jadi kebanggaan banyak orang, dari dibilang gak punya pendirian jadi orang yang bahkan dihormati sama banyak lapisan yang juga termasuk RI 1, 2, 3, 106 dst…

Yang baca bakal mikir saya ketiduran kalau berani bilang “satu hari saya bakal bisa selevel sama orang (goblok) kaya (alm) Bob Sadino”.

Mimpi saya kejauhan. Saya juga bilang gitu sama diri saya teh, atuhlah neng..

Tapi bukan jadi milyuner tujuan saya teh (yah saya mah cuma pengen bisa beli tas-tas yang dipake Syahrini doang- bukan kawe super persi mangga dua tapi atuh ih).. Mimpi saya:

Semoga kelak tulisan-tulisan saya bisa jadi manfaat buat generasi milenial, atau jadi quote pelengkap selfi-selfie 360 jaman now, atau lebih jauhnya ya semoga kelak beberapa karya saya jadi materi bahan pertimbangan dalam kehidupan sehari-hari

Jadi ya saya mah (ikut) mikirnya gini aja lah sekarang:

“Cukup satu langkah awal. Ada kerikil saya singkirkan. Melangkah lagi. Bertemu duri saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lubang saya lompati. Melangkah lagi. Berjumpa api saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah.”

Bob Sadino

Kata bahasa karawangnya mah ya jadi dableg aja, sukur-sukur satu hari orang bakal bilang “wuah si neng itu jaman awalnya gua sering banget tuh di broadcast, gak nyangka sekarang jadi penulis internasional (amin amin amin ya Allah)…

Kalau ngga ya paling dibilang kalau si neneng teh bukan penulis tapi ga beda sama yang rajin sms ‘selamat anda memenangkan sepaket celana dalam, silahkan balas sms ini atau cek di website celanadalam.kutuloncatberlarilari.com

tapi sekarang saya mah ya dont you give up nanana lah sampai i jadi se-famous JK Rowling walau i gak pernah nulis heripoter. Demi jadi penulis inspiratif!

“Hidup itu sederhana. Penuhi syarat-syaratnya, ambil hasilnya, terima konsekuensinya.”

Bob Sadino

kalau konsekuensinya di blok yaa neneng cipok, kalau dibilang berisik ya neneng peluk, kalau katanya tulisannya ga bagus ya neneng perbaiki lagi dan lagi dan lagi.

Untuk sahabat dan keluarga yang terus dukung, kasih komentar, kasih kritik, sampein apresiasi, sampai-sampai banyak juga yang ikut bantu saya sebarin tulisan, hatur nuhun pisan, terima kasih, thank you, merci, danke, dziękuję

kalau kata tulisan di kaos anak saya mah ceunah “i feel loved” …

Dan buat yang lagi usaha (nyebarin karya atau jualan), katanya alm. Bob ya terus aja door to door, bikin berisik, tunjukin (terus-terus dan terus) apa yang lagi kalian coba bisikin ke dunia. Bismillah, semoga generasi kita bisa banyak yang (segoblok) Bob Sadino..

Kisah Inspiratif Bob Sadino. Referensi buku berjudul Bob Sadino, Goblok Pangkal Kaya (ditulis oleh) Hana Wisteria.

1 thought on “Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia: Bob Sadino”

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini