Coffee Break Gosip Parenting Gosip Perempuan

Ibu mertua?

Saya pribadi jarang rasanya ketemu teman di sekitar yang bilang sayang sama ibu mertuanya. Dari sepuluh teman yang saya punya, cuma tiga yang mendeklarasikan beruntung dengan ibu mertua yang mereka punya. Dua dari tiga itu memang ibu mertuanya masih ada dan sering ikut menjaga anak-anak mereka, satunya sudah meninggal ibu mertuanya.

Tujuh sisanya mendeklarasikan kebencian mulai dari levelan warung ceu Odah yang sederhana dan ngumpet dibelakang mol, sampe level ekstrim bak hotel Kempinski tempatnya Syahrini syukuran kawin sama Reino Barack, cetar menggelegar.

Yang satu benci karena ibu mertuanya selalu dateng nawarin jagain anak bayinya waktu dia baru banget lahiran, katanya “kan gemes gue bro, lagi baby blues disamperin mulu”. Dan yang lain-lainnya lagi. Apapun itu, saya cuma penonton layar tancep, cuma liat layar besarnya ga ngeh sama perintilannya. Jadi saya ngangguk-ngangguk sambil nyemil kacang waktu dicurhatin.

Sedangkan buat saya sendiri, ibu mertua itu kado yang sering ngasih kado. Bingung kan?

Pertemuan detik pertama banget saya sama ibu mertua dulu hambar banget. Salaman terus beliau repot lagi sama 7 cucunya. Tapi kemudian di hari yang sama pas semua cucunya udah tidur, saya disamperin, diajak ngobrol, dan kemudian dipeluk hangat sebelum ditinggal pergi. Badan saya kaku kaya es batu, bingung. Terus dicium, akhirnya saya paksain senyum.

Setelah beliau pergi, akhirnya saya bisa senyum beneran. Di jantung saya kaya ada kupu-kupu terbang, seneng banget, terharu, kali itu saya mulai jatuh cinta sama ibu mertua saya.

Ketika kami mau nikah, beliau langsung mendeklarasikan kado honeymoon buat saya dan suami. Beliau juga bilang kalau beliau bahagia punya menantu saya. Saya pun terbang sampe kejedot tiang listrik, saking bahagianya dipuji-puji.

Ketika hamil, mertua saya langsung kirim buku-buku tentang kehamilan. Walau sendirinya punya 5 anak, sama sekali ga pernah beliau menggurui gimana caranya jadi ibu hamil yang baik dan benar sesuai dengan KBBI. Beliau tau saya seneng baca, dibeliin lah buku.

Ketika lahiran, beliau datang. Bukan beliau repot ngajarin caranya jadi ibu, beliau bilang kalau anak-anak saya kelak bakal ngajarin saya gimana jadi ibu. Manis banget cara beliau bilang, kaya madu asli kualitas super. Lebih lagi, beliau bilang sambil kemudian cium pipi saya.

Bukan juga repot pengen gendong cucunya, tapi repot bantu-bantu pekerjaan rumah. Cuci piring sampe nyikat kamar mandi, katanya biar ga licin takut saya jatoh. Kalau ga saya paksa, ga mau berenti bersih-bersih. “Atuhlah ari grandma teh jauh-jauh terbang kesini mau nyikat kamar mandi atau mau ketemu incu?”

Mau tau apa katanya? “Kamu apanan lagi seneng-senengnya gendong anak bayi kamu, nikmatin aja. Kalau capek baru sini kasih tau, gitu aja repot ah kamu mah.”

Emang bener sih, saya lagi hepi-hepinya, anak bayi saya anggap boneka yang bisa gerak, saya maenin terus sambil saya ajak ngobrol. Ibu mertua saya? Tetep sibuk masak sama bersih-bersih.

Ketemu lagi, kali ini ibu mertua saya mulai keukeuh katanya saya sama suami harus pergi nge-date, katanya mumpung ada beliau yang jagain, “sana gih pacaran, makan di restoran terus nonton,” gitu katanya.

Ketemu lagi, dan lagi, mertua saya selalu jadi penyejuk hati saya. Entah apapun yang dialami orang lain diluar sana, saya cuma bersyukur kali ini Tuhan berbaik hati sama nasib saya. Alhamdulillah. Hatur nuhun grandma.

M. Tiyasaa

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini