Coffee Break Eropa Gosip Perempuan Jalan Jalan Koleksi Buku Terbaik Koleksi Pribadi

Fakta Unik Tentang Perancis Yang Tertulis di The Da Vinci Code

Fakta Unik pertama, selain dikenal sebagai manusia romantis dan penakluk perempuan, Perancis juga terkenal dengan pemimpin-pemimpin mungilnya: Napoleon dan Si Pendek Pepin.

Fakta Unik Kedua, Eiffel itu icon nasional yang Payah.

Para simbolog berkomentar bahwa Perancis payah; tidak bisa memilih emblem nasional yang lebih pas daripada lingga setinggi tiga ratus meter (baca La Tour Eiffel).

Padahal siapa yang ga mimpi bisa sawon ke Menara itu atuh kan? Brad Pitt malah sampe ngelamar Jolie disana (cuma cerenya aja yang di pengadilan agama kali ya).

Saya liat Eiffel pertama kali kedua kali kesepuluh kali, nangis. Untung aja saya mah bukan simbolog lah, kacida bakal diketawain rekan seprofesi bisa-bisa, gusti.

Fakta Unik Ketiga, Orang Perancis terkenal susah dipuaskan loh!

Percakapan dengan orang Perancis terkadang bikin keki dan menggemaskan. Kita gak pernah bisa tau gimana sebaiknya bereaksi pada sejumlah pembahasan.

Apalagi jika menyangkut kebanggaan sensitif mereka (yang diikuti dengan sejuta keluhan yang datang secara bersamaan). Mending ngeles aja deh kaya bajai.

Ternyata Jardin des Tuileries, secara harfiah bukan mengacu pada tulip dan romantisme, tapi malah sebaliknya:

Fakta Unik Keempat, Jardin des Tuileries ini pernah menjadi lubang penggalian besar dan terpolusi,

Foto oleh Andry Hardy

Tempat para kontraktor Paris membuat lempung untuk membuat genting-genting atap merah kota – atau tuiles – yang terkenal.

Padahal teh taman ini sekarang terkenal jadi salah satu icon romantis kota. Belum lagi ujung Taman Tuileries ini ditandai oleh lengkungan batu raksasa: Arc du Carrousel, tempatnya para pemabuk asmara gundal gandul.

Fakta Unik Kelima, La pyramide (jalan masuk utama Louvre) ternyata dirancang oleh arsitek Amerika China.

Dikelilingi tujuh kolam segitiga dan dilengkapi air mancur benderang, adalah, konon La pyramide ini jadi kontroversi dalam negeri.

Haters bilang norak, karya seni rendah, menghancurkan kewibawaan pekarangan Renaisans-nya.

Lovers bilang piramida ini sebagai sinergi menakjubkan antara struktur kuno dan metode modern, mampu menggiring Louvre memasuki milenium selanjutnya.

Fakta Unik Keenam, Perjalanan di Louvre mencapai 5 Kilometer.

Jalan-jalan dalam Louvre sama kaya olahraga ya gaes? Museum Louvre jadi gedung terpanjang di Eropa, membentang lebih jauh daripada tinggi Menara Eiffel yang dijajarkan.

Jalan Raya Champs-Elysées (sering disebut sebagai Fifth Avenue-nya Paris) aja hanya membentang sepanjang tiga kilo meter doank. Padahal isinya adalah puluhan toko mewah yang berjajar.

Oiya Louvre adalah museum seni paling terkenal di dunia dan dulunya adalah istana Renaisans monolitik, makanya gak bingung kalau musim apapun selalu penuh antrian.

Tiga benda seni paling diminati di Louvre ternyata ada tiga; Mona Lisa (Joconde dalam bahasa Perancis), Venus de Milo, dan Winged Victory.

Mona Lisa (atau Joconde) adalah ciptaan Vinci yang katanya adalah seorang pemikir jenius, homoseksual flamboyan dan pemuja tatanan suci alam.

Fakta Unik Ketujuh, Lukisan Mona Lisa ini ternyata mungil.

Ukurannya bahkan lebih kecil dari poster-posternya yang dijual di toko souvenir Louvre. Penjagaan buat menyimpan Mona Lisa? Jangan ditanya lagi, super ketat!

Mona Lisa terkenal karena Vinci menyatakan bahwa lukisan itu sebagai pencapaian tertingginya.

Dia membawa lukisan itu bersamanya kemanapun dia pergi dan jika ditanya mengapa, dia akan menjawab bahwa dirinya mengalami kesulitan untuk berpisah dengan ungkapan termulianya mengenai kecantikan perempuan.

Kemudian beberapa menganalisa bahwa Mona Lisa adalah Vinci dalam badan seorang perempuan. Bab 26 cerita lebih lengkap soal lukisan Mona Lisa.

Gimana ceritanya bisa lukisan karya seniman Italia bisa sampai di Perancis? Coba aja baca disini.

Di Perancis (dan juga Italia), kata untuk kiri (gauche dalam bahasa Perancis dan sinistra dalam bahasa Italia) punya nada negatif, sehingga pikiran radikal dianggap sayap kiri, tidak rasional dan segala yang jahat. Tapi istilah ini teh ga berlaku dalam urusan politik.

Fakta Unik Kedelapan, Ternyata makna Kanan dan Kiri ini berkebalikan penggunaannya dalam dunia politik Perancis.

Partai sayap kiri dalam dunia politik Perancis justru punya nilai-nilai keterbukaan: égalité (kesetaraan), fraternité (persaudaraan), solidarité (solidaritas), progrès (kemajuan), insoumission.

Sedangkan sayap kanan yang lagi heboh dipimpin sama pemimpin politik Nyonya (pikasebeuleun) Le Pen meneriakkan anti imigran, anti islam, dan anti globalisasi pada dasarnya.

Mau tau cara sekolah ke Perancis tanpa modal? Cek yuk disini!

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini