Gosip Parenting

Bangga Anak Kita Gak Bisa Bahasa Indonesia?

Dulu waktu kecil saya sempet tanya nenek saya apa saya kalau ngomong kedengaran suara saya kaya logat sunda. Nenek saya yg gapaham kalau sy lg bersikap ignorant malah polos bilang, “iyah atuh ada”. Saya langsung atuh sedih bukan main, gimana bisa saya kalau ngomong ada logat bahasa sundanya, itu teh kan kampungan, kata saya teh dalam hati.

Saya juga sempet pura-pura ga paham kalau ada orang ngajakin saya ngobrol bahasa Sunda, pura-pura senyum sambil bangga bilang saya ga paham bahasa Sunda. Kadang kalau ditanya sama orang gak dikenal juga saya suka ngaku-ngaku kalau saya orang jakarta, pas jawab pastinya sambil digaya-gayain ala anak jakarta yang ngomongnya kepeleset e mulu. Saya berusaha sebisa mungkin buat ga ngomong bahasa Sunda supaya harkat dan martabat saya naik lah pokonya mah.

Eh kemudian saya ngelancong ke negeri orang dan baper setengah mati pas lagu indonesia raya dinyanyiin paduan suara di KBRI! Saya mulai ngerasa berdosa pernah berusaha ngelepas identitas jadi anak Indonesia asli Karawang!

Eh pas diundang kelompok ibu-ibu Indonesia yang nikah sama bule. Saya kesel!! Atuh segala baper? Gimana ngga 80 % lah terang-terangan bilang kalau ga ada manfaatnya ngajarin anak-anak setengah Indonesia ini, 0,01 % berapi-api bilang penting banget ngajarin bahasa tapi bukti menyatakan ketiga buntutnya bahkan ga paham waktu ditanya pertanyaan super gampang ‘gimana sekolahnya?” #kriuk dalam hati saya teh

Saya terus mikir, boro-boro atuh jauh kita mau pertahanin bahasa daerah, bahasa Indonesia aja banyak yang skak mat belaga gak penting. Malah anak jaman sekarang seneng pisan kalau pasang selfie ditambah quote pake bahasa Inggris. Sedih? Jelas! Kenapa? Karena yang ngaku bahasa Indonesia ga guna teh bahasa asingnya aja masih amburadul. Atuhlah sedih sekaligus haru saya mah liat ibu-ibu eta kesusahan cari kata-kata padahal lagi ambek-ambekan ngomelin anaknya! Bu susah yaa aambekan pake bahasa asing teh? Kacida (jelas) ih!

Tapi satu hari saya dapet kesempatan buat ngunjungin salah satu temen lama alm. sepupu saya di Swiss. Saya reuwas (kaget), terharu dan bungah! Anak si teteh ini bukan cuma bisa bahasa Indonesia, tapi bahasa Indonesianya teh persis kaya orang sunda ti Bandung lagi carita! Terus kalau lagi kehabisan kata-kata minta tolong ke mamahnya pang-terjemahin ceunah! Anak teh udah geulis nyunda pisan, kalau punya anak perjaka mah udah saya teken kontrak geura!!

Kesimpulannya mah satu-satunya sikap sok tau sok menghakimi yg saya dulu sering saya lakuin sebelum punya anak dan masih belum dan ga rencana buat saya seselin sampe sekarang soal ‘atuhlah ibu bapak, penting ih ngasih kesempatan anak buat paham bahasa ibunya, terutama kalau bahasa asing versi ibu bapak masih alakacadut ngerakeun ihh memalukan!

3 thoughts on “Bangga Anak Kita Gak Bisa Bahasa Indonesia?”

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini