Koleksi Buku Terbaik Koleksi Pribadi

Bedah Buku: Stupeur et Tremblement

Oleh Amélie Nothomb

Novel bahasa Perancis pertama yang saya baca. Kisah living abroad yang aduhai rasanya versi Amélie, gadis belgia, di Jepang yang sebenernya teh negara tempat lahirnya dia. Apa dia diterima? Rasanya gimana ditolak di negara yang padahal sempet kerasa rumah kedua? Apakabar ya warga-warga darah campuran, atau warga keturunan yang ngira kalau dia teh belong sama satu negara padahal negaranya ga ngakuin? sedih lah!

Cinta dan benci diceritakan dalam satu frame yang cukup jelas. Kecintaan terhadap Jepang dan kebencian terhadap Pola Jepang itu sendiri. Amélie lahir di negeri sakura itu, sempat tinggal disana pada masa kecilnya dan jelas menaruh kenangan dalam memori hidupnya.

Namun ketika memutuskan untuk kembali, Amélie tidak lagi berhadapan dengan kurma atau gula-gula, namun lebih dihadapkan pada sengatan lebah yang tanpa ampun. Amélie bekerja di sebuah perusahaan Jepang dan berakhir denga nasib harus bersedia membersihkan toilet, servicenya sebagai seorang profesional tidak lagi diakui, loyalitasnya jelas sudah transparan. Seru pokonya, bikin emosi, bikin sedih, bikin bertanya-tanya, “seriusan? masa sih?”

Versi Indonesianya kayanya belum ada, tapi ada versi bahasa inggrisnya dan judulnya teh Fear and Trembling..

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini