Afrika Coffee Break Gosip Parenting Gosip Perempuan

Kenapa Bendera Afrika Banyak Kemiripan?

Melanjutkan pencarian kemiripan antara bendera-bendera yang ada di buku atlas si aa. Mata saya pun tercaplok oleh bendera negara-negara Afrika. Banyak kemiripan ternyata. Kenapa? Hampir 80% menggunakan warna hijau.

Lebih jauh, sekitar 40% negara-negara di afrika pakai kombinasi Merah dan Hijau di bendera mereka. Sekitar 30% sisanya pakai Merah, Hijau dan Kuning (atau mereka bilang sebenarnya warna emas).

Dan ada kurang lebih 15% lagi yang nyantolin warna hitam dalam bendera. Tentunya dikombinasi sama sekitar tiga warna lain diatas yah.

Bendera Afrika
Beberapa contoh bendera negara Afrika

Ada apa gerangan dengan si hijau, merah dan kuning di Afrika sana? Dan Hitam teh apakah maksudnya?

Bendera Afrika – Fakta pertama yang saya temukan adalah pengaruh budaya keislaman di benua Afrika.

Populasi pemeluk agama islam di Afrika cukup tinggi, apalagi afrika utara yang bahkan memeluk pemerintahan khilafah yang didasarkan hukum islam.

Tapi apa atuh kaitannya hijau dengan islam dan budaya Arab?

Sebelum jauh bahas, bisa kita cek dulu League of Arab States; dimana bendera organisasi ini sendiri hanya berlatarkan warna hijau dengan tulisan kaligrafi putih ditengahnya.

Arab tentunya banyak dikaitkan dengan budaya keislaman. Konon warna hijau direpresentasikan sebagai praktik agama islam sambil diikuti pengakuan hubungannya dengan bumi.

Betapa Rasul mencintai dan mengagumi penciptaan alam.

Hijau dalam tradisi Arab dan keislamannya tidak lain adalah warna alam itu sendiri. Dalam Al-Qu’an, hijau diasosiasikan dengan warna surga, dengan seruan begitu Rasul menyerukan umat untuk mencintai alam.

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(Q.S. Al-An’aam : 99)

Selain Hijau, ternyata ada hal lain yang membuktikan bahwa islam punya pengaruh besar di Afrika. Dibuktikan dengan lambang segitiga dalam bendera mereka yang digunakan oleh 9 negara Afrika.

Menurut Jaŭhien Leaniuk, segitiga pada bendera Afrika ini melambangkan Islam, kebebasan, perjuangan untuk pembebasan dan sejarah di Afrika Tengah dan Selatan.

Perkara nomer dua adalah terkait kombinasi warna Hijau, Merah dan Kuning (atau emas) dalam kebanyakan bendera negara-negara afrika.

Konon oh konon, kombinasi tiga warna ini dipengaruhi oleh Ethiopia yang mampu mempertahankan statusnya sebagai negara merdeka ketika negara Afrika lainnya banyak dijajah untuk itungan abad.

Setelah memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan kolonial, beberapa negara yang baru didirikan di Afrika mengadopsi tiga warna ini sebagai penghormatan terhadap perlawanan Ethiopia terhadap pendudukan asing.

Wikipedia

Apa sih emang arti tiga warna ini untuk Ethiopia sendiri. Usut punya usut, ternyata Merah merepresentasikan pengorbanan founding fathers mereka, hijau terkait dengan rasa syukur terhadap kekayaan alam sedangkan kuning adalah nilai kebebasan untuk setiap warga negara.

Terus kalau hitam apa donk maksudnya? Gak kelam banget yah pakai hitam di warna bendera? Mmmh…

Ada beberapa penjelasan terkait dengan warna Hitam dengan Afrika. Sebagian fakta menyebutkan terkait dengan lokasi geografis Afrika yang terletak dibawah garis gurun Sahara.

Oleh karenanya teh Afrika juga disebut sebagai Black Afrika.

Fakta lain mengarah pada kombinasi warna Hitam yang dipadukan dengan Merah dan Hijau yang merepresentasikan gerakan Pan-Africanism. Apa atuh maksudnya teh?

Itu teh gerakan sedunia yang bertujuan untuk mendorong dan memperkuat ikatan solidaritas antara semua kelompok etnis asli dan diasporan keturunan Afrika sub-Sahara.

Mangga juga kunjungi novel saya disini. Jika ingin menguhubungi saya silahkan email di mtiyasaa@gmail.com

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini