Eropa Jalan Jalan

Andalusia – Bagian Cordoba

Dimana atuh Andalusia teh? Ini teh provinsi yang lokasinya jauh di selatan Spanyol. Dibanding sama Eropa-Eropa barat lainnya, atau bahkan sama Spanyol utara sendiri, Andalusia keliatan lebih unik (suami saya setuju katanya mah, unik dan aduhai lah pokonya mah). Ada rasa timur tengahnya yang ga cuma keliatan dari karya-karya arsitekturnya doang tapi juga dari kulinernya juga. Sok tau belaga bilang rasa timur tengah, tau darimana ih? Atuhlah jaman kecil kan suka meureun nonton pelem-pelem sejarah yang ditayangin abis saur pas bulan puasa? Sama ih saya juga..

Nah kalau sempet ke Andalusia, pastinya gamau ketinggalan buat ngecek bangunan yang ganti-ganti seolah-olah teh galau sama jati dirinya padahal penguasanya yang galau. Sempet jadi masjid terus katedral terus masjid lagi terus kantornya google (bener kitu?! ga ih becanda ihh) terus sekarang jadi musium dimana yang jaganya adalah bule-bule keker, orang cari masalah juga males atuh badannya udah sekelas Ade Ray! Ya udah lah saya mah pokonya nurut aja, om ampun ya om!! Bangunan ini teh dikenal sekarang dengan nama Mosque-Cathedral of Cordoba, tapi saya juga gapaham atuh bahasa lokalnya kaya gimana.

Jam buka-nya si musium ini gak selalu setiap saat setiap waktu, pas saya datang mah saya harus nunggu sekitar satu jam buat bisa masuk. Nah kalau yang niat day-trip dikejer waktu mending cek dulu atuh ya jam-nya biar singkron. Ya udah sambil nunggu sambil cari kedai kopi lah buat duduk-duduk, karena pas kesana saya lagi hamidun kasirun jadi gampang pegel atuhlah. Banyak karya-karya kaligrafi berbahasa arab gitu didalamnya juga salib-salib yang nunjukkin keabsahan info bahwa ya emang ini musium kena serangan galau. Begitulah kurang lebih. Dari musium ini juga saya sempet foto-foto selfie ala-ala di sekitar jembatan San Rafael yang diujungnya keliatan kaya benteng keamanan (saya mah pokonya kurang paham lah ini teh soal sejarahnya, saya lagi hamil waktu itu jadi otak saya kurang amunisi buat nangkep, atuh lah hampura). Yang saya inget cakep lah buat foto-foto mahh.

Saya mah sebenernya golongan tua yang udah males wisata arsitektur di Eropa karena teh menurut saya mah semua teh kaya sama. Tapi pas kesini rada mulai keobatin lagi rasa bosennya, karena tipikal bangunannya lebih unik tea.

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini