Eropa Jalan Jalan

Alasan Berlibur ke Polandia

Mengapa Berlibur ke Polandia? Tulisan ini mengulas pengalaman seru berlibur ke negeri Polandia beserta alasannya kenapa harus ke Polandia.

Nomer satu yang harus dicatat itu berlibur ke kota Krynica.

Sekitar 2.5 jam nyetir dari Krakow yang gak lain dan gak bukan deket dari tempat Camp Konsentrasi Hitler buat membumi hanguskan kaum Yahudi di sekitar tahun 1930-an sampai tepat Perang Dunia Dua berakhir di Eropa pada bulan Mei 1945.

Atau sekitar 5.5 jam dari ibukota Warsawa. Krynica ini teh semacam lokasi ski terkenal buat orang-orang lokal,

negeri di atas awan karena ya gitu lah kita pas naik di atas gunungnya bisa liat awan ada ngegelantung di bawah kita, rasanya lebih aduhai dari perasaan nembus awan pas lagi naik pesawat.

Memang banyak gunung-gunung salju, terutama yang paling terkenal ya sekitar Alpen atau Pyrenes yang ada di Perancis atau Swiss, terus kenapa tempat ini atuh neneng?

Alasan apa atuh yang bikin neneng pilih Polandia?

Polandia yang konon bukan destinasi kece buat orang Indonesia jalan-jalan ini teh ternyata aduhai.

Pertama karena arsitektur di sekitar Polandia ini teh lebih ke arsitektur Soviet, gak kaya sekitaran Eropa Barat, tapi bangunan kunonya ada perpaduan menarik.

Nomer dua karena mata uang Polandia yang bukan Euro, tapi Zloty dan ratenya 1/4 dari rate Euro. Artinya? Artinya teh ya murah atuh mamang dan teteh. Liburan ke Polandia teh ga cuma seru tapi juga murah.

Alasan Ketiga ya mamang dan teteh, karena ramah dan lembutnya orang Polandia itu atuhlah menyayat hati. Dan alasan terakhir tentu karena makanannya teh enak-enak dan lagi dan lagi, murah-murah teteh dan mamang.

Saya udah sekitar 5 kali ke Polandia dan tiga kali main ke Krynica sini. Pertama kali saya kesana, saya belum tau apa teh artinya main ski.

Saya kira main ski cuma tinggal clup aja pake sepatunya pasang stiknya terus ngegolosor, ngeeeng..

Atuh di Karawang saya paling banter juga naik roller blade yang ngegolosor di jalanan aspal sekitar depan rumah nenek saya.

Ternyata atuhlah saya teh salah, ski itu buat saya yang emang kampungan mah melahirkan trauma berkepanjangan. Gara-gara nyobain ski saya jadi suka degdegan kalau diajak ke gunung salju lagi, takut.

Apalagi ibu mertua saya teh gusti, ibaratnya mah ya lebih kece dari nini-nini skateboard. Mertua saya teh ski bikin saya keki, atuhlah nini-nini jago amat bisa ngagolosor ga takut tisoledat.

Terus neneng ngapain sampai tiga kali ke Krynica kalau kalah tarung sama ibu mertua skateboarder?

Karena ya teteh mamang sekalian, dibelakang lokasi ski di Krynica ini teh ada semacam hutan salju yang seru buat sekedar hiking jalan-jalan berat langkah di salju yang tebelnya bisa sampe sekitar sepaha saya (kalau temen saya mah selutut juga engga sih, saya aja emang yang pendek atuhlah)…

Perjalanan menuju kesini juga kece, ada tempat beli air minum yang konon katanya airnya bisa nyembuhin mulai dari sakit kepala sampe rematik, teuing bener atau ngga nya mah yah.

Saya mah ngga beli da atuh saya mah rasanya jadi berasa inget beli air minum di dukun belakang rumah nenek saya atuhlah.

Oiya gimana atuh caranya teh kesini? Saya mah kesini naik mobil numpang sahabat saya yang kebetulan rumah orangtuanya cuma jarak sejam dari Krynica ini.

Tapi saya liat mah ada Flix Bus yang buat bawa kita dari Krakow menuju Krynica sini dan ga mahal, cuma sekitar 2.5 Euro atau sekitar 40 rebu perak.

Kalau udah sampai Eropa apalagi udah mendarat di Krakow, ga bakal nyesel teteh dan mamang bertandang kesini. Selamat berlibur 🙂

Keki Atau Suka? Tinggalkan Kesan Disini